Khalifah Akhir Zaman Bernama Imam Mahdi

TELAH menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya dan Ahmad bin Yusuf keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq dari Sufyan At Tsauri dari Khalid bin Al Khadza dari Abu Qilabah dari Abu Asma Ar Rahabi dari Tsauban dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kelak tiga orang akan berperang didekat perbendaharaan kalian ini (yaitu Ka'bah), dan kesemuanya adalah anak khalifah. Dan tidak ada yang menang melainkan satu orang, lalu muncullah bendera-bendera hitam dari wilayah timur, mereka lantas memerangi kalian dengan peperangan sengit yang sama sekali belum pernah dilakukan kaum manapun. Jika kalian melihatnya, maka berbaiatlah kepadanya walaupun sambil merangkak di atas salju, karena sesungguhnya dia adalah khalifah Allah Al Mahdi." (HR Ibnu Majah No. 4074)

Telah menceritakan kepada kami Muhammad Ibnul Mutsanna berkata, telah menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam berkata, telah menceritakan kepadaku Bapakku dari Qatadah dari Shalih Abu Al Khalil dari Sahabatnya dari Ummu Salamah isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Akan terjadi perselisihan saat matinya khalifah, lalu seorang laki-laki (Al Mahdi) akan keluar dari Madinah pergi menuju Makkah. Lantas beberapa orang dari penduduk Makkah mendatanginya, mereka memaksanya keluar (dari dalam rumah) meskipun ia tidak menginginkannya. Orang-orang itu kemudian membaiatnya pada suatu tempat antara Rukun (Hajar Asawad) dan Maqam (Ibrahim). Lalu dikirimlah sepasukan dari penduduk Syam untuk memeranginya, tetapi pasukan itu justru ditenggelamkan oleh (Allah) di Al Baida, tempat antara Makkah dan Madinah. Maka ketika manusia melihat hal itu, orang-orang shalih dari Syam dan orang-orang terbaik dari penduduk Irak membaiatnya antara rukun dan Maqam. Lalu tumbuhlah seorang laki-laki dari bangsa Quraisy, paman-pamannya dari suku Kalb, ia lalu mengirimkan sepasukan untuk memerangi mereka (orang-orang yang berbaiat kepada Al mahdi) namun mereka dapat mengalahkan mereka (pasukan yang dikirim oleh lelaki Quraisy dari suku Kalb). Alangkah ruginya orang yang tidak ikut serta dalam pembagian ghanimah perang melawan suku Kalb. ia (Al Mahdi) lalu membagi ghanimah, dan membina manusia dengan sunnah Nabi mereka shallallahu 'alaihi wasallam dan menyampaikan Islam ke semua penduduk bumi. Ia berkuasa selama tujuh tahun, kemudian wafat dan dishalati oleh kaum muslimin." Abu Dawud berkata, "Sebagian mereka menyebutkan dari Hisyam, " selama sembilan tahun." Dan sebagian yang lain menyebutkan, "Selama tujuh tahun." Telah menceritakan kepada kami Harun bin Abdullah berkata, telah menceritakan kepada kami Abdu Ash Shamad dari Hammam dari Qatadah dengan hadits yang sama. Beliau mengatakan, "sembilan tahun." Abu Dawud berkata, "Selain Mu'adz menyebutkan dari Hisyam, "selama sembilan tahun." Telah menceritakan kepada kami Ibnul Mutsanna berkata, telah menceritakan kepada kami Amru bin Ashim berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Al Awwam berkata, telah menceritakan kepada kami Qatadah dari Abu Al Khalil dari Abdullah bin Al Harits dari Ummu Salamah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti hadits ini, namun hadits Mu'adz lebih lengkap." (HR Abu Dawud No. 3737)

Telah menceritakan kepada kami Waki' dari Syarik dari 'Ali bin Zaid dari Abu Qilabah dari Tsauban berkata; Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda; "Bila kalian melihat bendera-bendera hitam yang datang dari Khurasan, datangilah, karena disana ada khalifah Allah, Al Mahdi." (Musnad Ahmad Hadis No. 21353)

Telah menceritakan kepada kami Zaid bin Al Hubab berkata; telah menceritakan kepadaku Hammad bin Zaid berkata; telah menceritakan kepada kami Al Mu'alla bin Ziyad Al Mi'mali dari Al 'Ala` bin Basyir Al Muzani dari Abu Ash Shiddiq An Naji dari Abu Sa'id Al Khudri ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku berikan kabar gembira kepada kalian dengan datangnya Al Mahdi, ia diutus kepada umatku ketika terjadi perselisihan dan kegoncangan di antara manusia, lalu bumi akan dipenuhi dengan keseimbangan dan keadilan sebagaimana ia telah dipenuhi oleh kejahatan dan kezhaliman. Penduduk langit dan bumi ridla dengannya, kemudian Allah memenuhi hati anak cucu Adam dengan kekayaan sehingga mereka tidak saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Lalu ada seorang penyeru berkata; 'Siapa yang membutuhkan harta?" beliau bersabda: "Lalu ada seorang laki-laki yang berdiri dan berkata; 'Saya, ' maka dikatakan kepadanya;  'Datanglah kepada bendahara dan katakan kepadanya; 'Al Mahdi memerintahkan kepadamu agar kamu memberikan kepadaku, " beliau bersabda: "Lalu ia datang kepada bendahara tersebut seraya berkata kepadanya, lalu dikatakan pula kepadanya; 'Ambillah sepenuh kedua telapak tanganmu, ' lalu ia pun memenuhi kedua telapak tangannya, ketika sedang mengambil (harta tesebut) ia berkata; 'Sungguh, aku adalah orang yang paling rakus dari umat Muhammad, apakah aku akan memenuhi tanganku hingga aku tidak kuat dengan sesuatu yang mereka merasa cukup darinya! ' lalu Al Mahdi akan tinggal selama tujuh tahun, atau beliau mengatakan, "selama delapan tahun, atau beliau mengatakan, "selama sembilan tahun, kemudian tidak akan ada lagi kehidupan yang baik setelah itu." Telah menceritakan kepada kami Zaid bin Al Hubab berkata; telah menceritakan kepadaku Ja'far bin Sulaiman berkata; telah menceritakan kepada kami Al Mu'alla bin Ziyad dari Al 'Ala` bin Basyir Al Muzani dan ia menangis ketika menyebut; 'berani ketika bertemu', dari Abu Ash Shidiq An Naji dari Abu Sa'id Al Khudri seperti redaksi hadits diatas, tetapi menambahkan di dalam haditsnya; "lalu ia menyesal dan datang kembali menemui bendahara dengan membawa uang tersebut, kemudian bendahara itu ganti berkata; 'Kami tidak mau menerima sesuatu yang telah kami berikan.'" (Musnad Ahmad Hadis No. 11061)

Telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah menceritakan kepada kami Ja'far dari Mu'allaa bin Ziyad telah menceritakan kepada kami Al 'Alaa` bin Basyir dari Abu Ash Shiddiq An Najiy dari Abu Sa'id Al Khudri dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku berikan kabar gembira kepada kalian dengan datangnya Al Mahdi, ia diutus kepada umatku ketika terjadi perselisihan dan kegoncangan di antara manusia, lalu bumi akan dipenuhi dengan keseimbangan dan keadilan sebagaimana ia telah dipenuhi oleh kejahatan dan kezhaliman. Penduduk langit dan bumi ridla dengannya, kmeudian ia membagi-bagikan kekayaan secara adil, " seorang laki-laki bertanya kepadanya; "Apa maksudnya secara adil? Beliau menjawab; "yaitu setara di antara manusia." Beliau melanjutkan; "Kemudian Allah memenuhi hati ummat Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dengan kekayaan sehingga mereka tidak saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Dan keadilannya menyebar luas sehingga seorang penyeru menyeru; "Siapakah yang membutuhkan harta? Maka tidak ada seorangpun yang berdiri kecuali seorang laki-laki. Penyeru tersebut berkata; "Datanglah kepada penjaga harta yaitu bendahara dan katakan kepadanya; 'Al Mahdi memerintahkan kepadamu agar kamu memberikan harta kepadaku, " Lantas bendahara itu berkata kepadanya; 'Ambillah sepenuh kedua telapak tanganmu, ' setelah ia meletakkan harta tersebut di wadahnya, ia menyesal dan berkata; 'Sungguh, aku adalah orang yang paling rakus dari umat Muhammad, apakah aku akan memenuhi tanganku hingga aku tidak kuat dengan sesuatu yang mereka merasa cukup darinya! ' kemudian ia mengembalikan harta tersebut dan tidak akan menerimanya lagi, maka di katakan kepadanya; "Kami tidak akan mengambil sesuatupun yang pernah kami berikan." Hal itu berlanjut hingga Al Mahdi tinggal selama tujuh tahun, -atau- delapan tahun, -atau- selama sembilan tahun, kemudian tidak akan ada lagi kehidupan yang baik setelah itu. -atau bersabda- kemudian tidak ada lagi kehidupan yang baik setelah itu. (Musnad Ahmad Hadis No. 10898)

Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair berkata; telah menceritakan kepada kami Musa -yaitu Al Juhani- ia berkata; aku mendengar Zaid Al 'Ammi berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Ash Shiddiq An Naji berkata; aku mendengar Abu Sa'id Al Khudri berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Akan muncul pada umatku Al Mahdi, jika ia berumur panjang, -atau- jika pendek umurnya, maka ia akan hidup selama tujuh tahun, -atau- "delapan tahun, -atau-, "sembilan tahun, bumi akan dipenuhi keadilan, lalu bumi akan mengeluarkan tumbuh-tumbuhannya, serta langit akan menurunkan hujannya." (Musnad Ahmad Hadis No. 10780)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »