Al Imran Mangindo Kayo Pimpin Formasi Sumbar

Al Imran Mangindo Kayo Pimpin Formasi Sumbar
Rapat Pembentukan Formasi Sumbar. 
BENTENGSUMBAR.COM - Sejumlah pemilik dan praktisi media siber (media online, red) di Sumatera Barat bersepakat mendirikan Forum media siber (Formasi) Sumbar, Sabtu sore, 20 Agustus 2016, bertempat di salah satu cafe di kawasan GOR H Agus Salim, Padang, Sumatera Barat.

Tak hanya mendirikan Formasi Sumbar, pada kesempatan tersebut mereka juga bersepakat membentuk kepengurusan yang mengelola organisasi baru tersebut. Owner valora.co.id, Al Imran Mangindo Kayo diberi amanah sebagai Ketua. Wakil Ketua dipercayakan kepada Zamri Yahya, Pemimpin Redaksi bentengsumbar.com. Sedangkan Sekretaris dijabat oleh Febry D. Chaniago dari padangmedia.com dan bendahara dipercayakan kepada Zainal Koto dari nusantara.net.

"Alhamdulillah, kami telah bersepakat membentuk Formasi Sumbar. Sebagai organisasi baru yang bertujuan memperkuat posisi media siber di Sumatera Barat tentu diperlukan struktur pengurus, dan itu pun telah pula kita sepakati," ungkap Al Imran Mangindo Kayo.

Ia mengatakan, sesuai dengan Pedoman Pemberitaan media siber yang diterbitkan Dewan Pers pada tanggal 30 Januari 2012, kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

"Sama dengan media cetak, televisi, atau radio, media siber juga memenuhi syarat dan ketentuan dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik, seperti memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Cuma bedanya, kami menggunakan wahana internet," cakapnya.

Ia mengatakan, di Sumatera Barat mulai tumbuh dan berkembang media siber ini. Namun teramat disayangkan, sebagian pengambil kebijakan di Sumatera Barat belum memberikan perlakuan yang sama antara media siber dengan media cetak, televisi, dan radio.

"Untuk itu, kita akan mencoba melakukan penguatan posisi dan nilai tawar media siber ini, sehingga kedepan mendapat perlakuan sama dengan media lainnya. Kita akan memberikan pemahaman yang jelas kepada pengambil kebijakan agar mereka tidak bias serta gagap terhadap media siber ini," cakapnya.

Hadir dalam pembentukan Formasi Sumbar tersebut, Al Imran Mangindo Kayo (valora.co.id), Agib Noerman (GoSumbar.com), Zamri Yahya (bentengsumbar.com), Zainal Koto (nusantara.net), Hendrizon dan Yulidi Chandra (maklumatnews.net), Micke Samudera (jurnalandalas.com), Peri (kliksumbar.com) dan beberapa orang praktisi media online lainnya. (by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »