Maria Felicia Gunawan, Gadis Tionghoa Pembawa Baki Bendera Pusaka

Maria Felicia Gunawan, Gadis Tionghoa Pembawa Baki Bendera Pusaka
Maria Felicia Gunawan Mencium Bendera Merah Putih. 
BENTENGSUMBAR.COM - Maria Felicia Gunawan, siswi kelas XI dari sekolah SMAK Penabur Gading Serpong, Tangerang, diberi amanah membawa baki bendera merah putih, duplikat bendera pusaka, pada hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2015, di Istana Merdeka Jakarta.

Tentu menjadi suatu kebanggaan bagi Maria Felicia Gunawan menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan dilantik langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo waktu itu. Betapa tidak, jumlah anggota Paskibraka yang diambil dari siswa-siswi murid SMA sebanyak 68 orang; yang berasal dari 34 propinsi Indonesia masing-masing diwakili oleh dua orang terbaik, satu putera dan satu puteri. Tapi yang bisa dipilih menjadi pembawa baki hanya 2 orang (perempuan); 1 untuk pengibaran bendera dan 1 untuk penurunan bendera.

Mereka kemudian dibagi menjadi dua tim yang akan bertugas pada upacara penaikan bendera pada pagi hari  (Tim Sadewa) dan penurunan bendera pada sore hari (Tim Nakula). Masing-masing tim kemudian dibagi menjadi 3 kelompok; yakni Kelompok 17 sebagai pengiring atau pemandu, kelompok 8 sebagai inti pembawa bendera, dan kelompok 45 sebagai pengawal.

Maria Felicia Gunawan adalah etnis Tionghoa pertama yang bertugas sebagai pembawa baki bendera selama upacara 17 Agustus di Istana Negara. Gadis yang memiliki tinggi badan 174 cm dan kelahiran Jakarta pada 23 Februari 1999 itu merupakan anak ke 5 dari 6 saudara. Dia memiliki prestasi yang menonjol di sekolahnya, dimana dia pintar dalam berbagai mata pelajaran dan menguasai tiga bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang.

Tidak ada lagi perlakuan diskriminasi yang dirasakan Maria Felicia Gunawan. Sebagai anak bangsa dari keturunan etnis Tionghoa, dia diberi kesempatan untuk menjadi anggota Paskibraka dan membawa baki bendera merah putih ke hadapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tugas Maria Felicia Gunawan Digantikan Nilam Sukma Pawening

Maria Felicia Gunawan, Gadis Tionghoa Pembawa Baki Bendera Pusaka
Nilam Sukma Pawening Membawa Baki Bendera. 
Tugas Maria Felicia Gunawan pada HUT RI ke-70 tahun 2015, digantikan oleh Nilam Sukma Pawening pada HUT RI ke-71 tahun 2016. Nilam Sukma Pawening yang mewakili Provinsi DKI Jakarta terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Nilam Sukma Pawening berasal dari SMAN 67 Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Menarik melihat terpilihnya Nilam Sukma Pawening sebagai pembawa baki mengingat paskibraka DKI Jakarta sangat jarang terpilih sebagai pembawa baki. Baru sejak kepemimpinan Ahok sebagai Gubernur DKI, terpilihlah Nilam Sukma Pawening.

Sebelum terpilih menjadi pembawa baki, Nilam harus berkali-kali latihan dan bergantian dengan peserta lainnya karena pengumuman pembawa baki sebenarnya baru dilakukan pada detik-detik akhir. (kmk)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »