Ingin Raup Ribuan Dollar Melalui Google Adsense, Intinya Man Jadda Wajada

Ingin Raup Ribuan Dollar Melalui Google Adsense, Intinya Man Jadda Wajada
Linda Ikeji, Blogger Asal Nigeria. 
MAN Jadda Wajada, barangsiapa yang bersungguh, maka dia akan menuai hasil. Pepatah berbahasa Arab tersebut selalu menjadi motivasi bagi sebagian orang, termasuk penggiat media online dan blogger yang ingin berpenghasilan tinggi, salah satunya melalui Google Adsense.

Google Adsense telah menjelma menjadi sumber mata pencaharian paling besar dikalangan blogger satu dekade terakhir. Bukan hanya blogger, bahkan media mainstrem juga bertumpu pada penghasilan dari Google Adsense. Ratusan bahkan ribuan dollar mereka hasilkan dari Google Adsense tiap bulannya.

Bagi media pemberitaan yang punya penulis sendiri, mencapai kesuksesan ini tentu bukanlah hal yang susah. Dengan modal yang tinggi dan sumber daya yang memadai semua bisa dilakukan dengan cepat. Namun, berbeda jauh dengan blogger yang membangun blognya secara mandiri. Hal ini akan terasa sulit, terutama pada tahun-tahun awal menjalaninya.

Tapi, tidak sedikit pula blogger dengan latar belakang iseng menjalankan Adsense bisa menghasilkan uang lebih besar dari yang dibayangkan. Sebut saja Linda Ikeji, wanita asal Nigeria. Penghasilannya bukan lagi ribuan dollar perbulan bahkan sudah mencapai ratusan ribu dollar setiap bulannya. Itu berkat blog gratisan dari blogspot.

Blog Linda Ikeji sudah tidak asing lagi di kalangan blogger di seluruh penjuru dunia yang beralamat di http://lindaikeji.blogspot.com. Blog Linda Ikeji atau lebih tenarnya Linda Ikeji’s Blog (LIB), hanya sebuah blog gratis. Blog ini sangat terkenal di Nigeria dan juga di Amerika dan Eropa. BBC News beberapa kali meliput biografi blogger cewek cerdas yang satu ini.

Kini rupanya google memberinya prioritas tersendiri kepada LIB dan tidak berani main hapus blog atau main banned adsense seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Linda Ikeji, sang admin blog, memiliki personal brand yang kuat di Nigeria sehingga ia memimpin trend kaula muda dan selebritis di Nigeria. Semua trend pada acara televisi Nigeria selalu mengikuti gaya “ala linda ikeji”.

Banyak media melaporkan bahwa penghasilan blog linda ikeji mencapai lebih dari 300 juta rupiah perbulan dari iklan, termasuk adsense, dan ia termasuk salah satu orang terkaya di Nigeria. Para pengiklan mandiri yang beriklan di blog linda ikeji pun tak tanggung-tanggung, mereka analah pengiklan manca negara dari Amerika dan Eropa. Padahal blognya linda ikeji hanyalah blog gratis terbuat dari blogger dan berisi konten copasan dari website lain. Tampilan blog nya sangatlah sederhana sekali, yaitu menggunakan template bawaan blogger yang dimodifikasi seadanya.

Kekuatan sebuah blog tak lepas dari sang empunya blog, berikut ini sumber kekuatan blog Linda Ikeji:

1. Tekun dan memiliki fisik yang kuat

Linda Ikeji tidak langsung terkenal begitu saja, namun perjuangan selama bertahun-tahun telah ia tebus. Linda siang malam rajin update artikel di blog gratis kesayangannya sejak tahun 2003. Jumlah artikel yang ia update tidak tanggung-tanggung, yaitu mencapai 25-30 artikel untuk sehari semalam. Sebuah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang blogger.

Akhirnya blognya menjadi semakin besar dan menjadikan dirinya terkenal melaui blog. Dari sinilah Linda Ikeji mendapatkan personal brand yang kuat untuk karir berikutnya.

2. Memiliki personal brand yang kuat

Dari usahanya yang gigih selama bertahun-tahun maka sudah sepantasnya ia memetik hasilnya. Kini nama Linda Ikeji telah menjadi merk di Nigeria dan di dunia maya. Tanpa bersusah payah mengoptimalkan seo, blog linda ikeji sudah dicari orang dan dibookmark. Penggemar Linda Ikeji dan Blog Linda Ikeji kini sudah tak terhitung jumlahnya.

Ketika pihak blogger menghapus blog linda ikeji pada pertengahan 2014 lalu, ribuan fans Linda Ikeji memprotes google sehingga Google Nigeria langsung mangaktifkan kembali blog linda ikeji dalam 24 jam. Daily mail, portal berita terbesar di planet bumi yang berbasis di London juga meliput berita ini.

3. Memiliki kecerdasan intelektual dan pendidikan yang memadai

Linda Ikeji bukanlah sembarang blogger, ia adalah lulusan sarjana jurnalistik di Nigeria dan memiliki kemampuan bahasa inggris yang fasih. Maka bukanlah hal yang sulit bagi Linda Ikeji untuk memperkenalkan blognya dan dirinya sekaligus kepada dunia. Setiap hari ratusan email masuk ke inboxnya.

Tidaklah sulit bagi Linda Ikeji untuk mencari sumber artikel dari website-website ternama di internet karena ia mahir berbahasa inggris. Sejak blognya dihapus google karena pelanggaran hak cipta, kini ia mempekerjakan fotografer dan reporter untuk membantu dirinya meng-update artikel di blog kesayangannya yang telah menjadikan dirinya sebagai sosok penuh kharisma.

Kisah-kisah seperti Linda Ikeji ini masih banyak. Pertanyaannya kemudian, bagaimana sebenarnya agar bisa menghasilkan uang lebih banyak dari blog dengan hanya menjalankan Google Adsense.

Google sebenarnya sudah membocorkan cara ini jauh-jauh hari, namun hanya sedikit yang memaknai dan menerapkannya. Naik turunnya semangat para blogger juga menjadi faktor utama mengapa kunci jawaban dari Google Adsense ini sering kali disepelekan. Google menyebut kunci sukses ini dengan sebutan "The Magic Wheel" atau "Roda Ajaib" untuk para publishers.

Apa saja unsur "The Magic Wheel" atau "Roda Ajaib" Google Adsense itu, simak penjelasan berikut ini:

1. Build Great Content

Hal utama yang Google Adsense minta dari seorang blogger adalah konten. Konten yang Anda buat haruslah baik dan bermanfaat. Ibaratnya, konten yang tidak hanya menjadi sampah di internet, namun memberi manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Google Adsense sangat menyukai konten yang manfaatnya besar. Namun sangat membenci konten yang dihasilkan dari ciplakan. Google juga masih sedikit mentolelir ciplakan yang dimodifikasi. Intinya adalah konten, konten dan konten. Jika ini tidak dibangun dengan baik, jangan harap penghasilan Adsense akan memadai.

2. Make Sure Content is Discovered

Setelah membuat konten yang baik, selanjutnya membuatnya ditemukan oleh peselancar di dunia maya. Sangat disayangkan jika konten yang Anda buat sangat bagus namun tidak dibaca oleh orang-orang. Hal inilah yang harus dikerjakan. Membuat konten tersebut dibaca lebih banyak orang.

Jika Anda pernah mendengar "Content is the King" maka mulai mencari pasangannya, karena "Distribution is a Queen". Yah, distribusi konten adalah kunci jawabannya. Bagaimana caranya? ada banyak cara, namun cara paling mudah dan murah adalah memaksimalkan media sosial seperti Facebook, Twitter atau Google+.

3. Engage and Retain Users

Keunggulan media online adalah terciptanya dua arah komunikasi, penyedia konten dengan pembaca. Hal ini berdampak sangat baik bagi keberlangsungan Google Adsense. Konten yang baik dengan distribusi yang oke, harus dijaga dengan merawat pengunjungnya.

Salah satu cara untuk merawat pengunjung adalah ikut terlibat dalam beberapa diskusi dan sebaik mungkin membuat nyaman para pengunjung tersebut. Nyaman disini bisa secara umum, dari tampilan blonya hingga konten dan manfaat yang diberikan dari blog bersangkutan.

4. Generate Revenue

Saatnya berpenghasilan. Google memasang penghasilan ini dibarisan keempat dalam roda ajaibnya. Tentu ada alasannya. Itu artinya, Google meminta setiap blogger untuk membangun blognya lebih baik dahulu baru memikirkan penghasilan. Dengan blog yang baik, maka penghasilan akan jauh lebih baik.

Ibarat manusia yang baru lahir, mengenal nominal uang pun masih tahu. Begitulah blog, harus setahap demi setahap dulu. Ketika blog yang kita bangun bermanfaat, maka Google dengan suka rela menggelontorkan ribuan dollar buat kita setiap bulannya. Apalagi dengan pengunjung yang setia dan membludak setiap hari, dijamin tokcer.

5. Be Sustainable

Empat tahap diatas buatlah secara konstan dan berkelanjutan. Ini juga salah satu kunci kenapa banyak blogger yang gagal berpenghasilan dari Google Adsense, karena apa yang mereka lakukan tidak berkelanjutan. Padahal, semakin tua dan banyak konten dalam sebuah blog, penghasilannya juga akan semakin banyak.

“Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang Mukmin akan melihat pekerjaanmu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberikan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Qs.  At-Taubah ayat 105).  

Dirangkum Oleh:
Zamri Yahya, SHI
Alumni Jinayah Siyasah Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »