Salat Jumat Bersama Peserta Aksi, Presiden Ucapkan Terimakasih Atas Zikir dan Doa Untuk Keselamatan Bangsa

Salat Jumat Bersama Peserta Aksi, Presiden Ucapkan Terimakasih Atas Zikir dan Doa Untuk Keselamatan Bangsa
Presiden Memberikan Sambutan di Depan Peserta Aksi. 
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menunaikan salat Jumat di Lapangan Taman Monas, Jakarta, saat umat Islam memenuhi lapangan tersebut untuk melakukan doa bersama, Jumat, 2 Desember 2016.

Meninggalkan Istana sekitar pukul 11.40 WIB, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla melewati Masjid Baiturrahman di kawasan Istana Kepresidenan, dan menembus hujan yang turun untuk menuju lokasi salat Jumat di Lapangan Taman Monas.

Kedatangan Presiden Jokowi di lokasi doa bersama langsung disambut takbir ratusan ribu jemaah yang sudah hadir di lokasi tersebut sejak pagi. Sementara dari pengeras suara terdengar ucapan, “Kami apresiasi atas kehadiran Pak Presiden di tengah-tengah kami,” ucap salah satu panitia.

“Pertama-tama, terima kasih atas doa dan zikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan usai pelaksanaan salat Jumat. Pekikan takbir dari Presiden Jokowi langsung disambut dengan pekikan yang sama oleh ratusan ribu peserta doa bersama.

Presiden juga menyampaikan penghargaan atas terselenggaranya acara doa bersama yang tertib dan baik itu.

“Saya ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya, karena seluruh jamaah yang hadir tertib dalam ketertiban, sehingga acaranya bisa berjalan dengan baik,” ucap Presiden Jokowi, yang langsung diteruskannya dengan pekikan takbir, “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.”

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan selamat kembali ke tempat tinggal masing-masing bagi para peserta doa bersama, yang datang tidak hanya dari wilayah Jabodetabek, tapi juga dari berbagai daerah di tanah air itu.

“Sekali lagi, terima kasih dan selamat kembali ke tempat asal masing-masing, ke tempat tinggal masing-masing. Terima kasih,” pungkas Presiden.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengemukakan, kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunaikan salat Jumat bersama peserta doa bersama merupakan bentuk apresiasi Presiden terhadap pelaksanaan acara tersebut.

“Beliau merasa perlu hadir di sana untuk secara langsung mengucapkan dan menyampaikan terima kasih, serta apresiasi kepada jamaah, kepada peserta aksi yang telah mendoakan dengan tulus, ikhlas terhadap kedamaian dan keberlangsungan bangsa dan negara ini,” kata Menag kepada wartawan, Jumat, 2 Desember 2016.

Menag menjelaskan, doa untuk bangsa dan negara adalah hal yang sangat mulia, sehingga Presiden perlu menyampaikan terima kasih dan apresiasi secara langsung.

Pemerintah, lanjut Menag, bersyukur karena aksi damai yang dilaksanakan di lapangan Monas itu, berlangsung dengan tertib dan damai. 

“Intinya kita semua bersyukur bahwa sampai dengan saat ini, aksi damai berlangsung dengan cukup tertib, cukup damai, dan relatif tidak ada hal-hal yang kita khawatirkan sebelumnya,” ujarnya.

Menag berharap jamaah bisa kembali ke tempat masing-masing, sesuai komitmen yang telah dibangun, serta bisa mengerjakan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Ia menegaskan, pemerintah juga berharap aksi tidak lagi dilakukan, karena proses hukum telah berlangsung.  “Kita tinggal menunggu hari-hari dimana perkara ini bisa diputus oleh peradilan kita,” pungkas Lukman.

Saat melaksanakan salat Jumat di lokasi doa bersama itu, Presiden Jokowi duduk diapit oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menko Polhukam Wiranto. Selain itu juga hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (by/setkab.go.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »