Pilgub Jabar Diprediksi Berjalan Panas, Media Sosial Bakal Dijadikan Senjata Utama

Diskusi Ancaman Toleransi Terhadap Ketahanan Bangsa, di Institut Francis Indonesia (IFI), di Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Selasa, 25 April 2017.

Pilgub Jabar Diprediksi Berjalan Panas, Media Sosial Bakal Dijadikan Senjata Utama
BENTENGSUMBAR.COM - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 diprediksi akan berjalan panas. Ini dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial (medsos) oleh masing-masing tim sukses para calon.

Pengamat media sosial Hendra Hendarin memprediksi pemanfaatan media sosial akan kembali digunakan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang. Media sosial akan dijadikan alat kepentingan politik para calon.

"Fenomena kemarin (Pilkada DKI) luar biasa. Saya berani memprediksi (pemanfaatan media sosial) akan digunakan lagi (dalam Pilgub Jabar)," ucapnya, dalam diskusi Ancaman Toleransi Terhadap Ketahanan Bangsa, di Institut Francis Indonesia (IFI), di Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Selasa, 25 April 2017.

Karena menurutnya, metode memanfaatkan media sosial dalam kontestasi politik nyatanya membawa hasil. Contohnya saja dalam Pilpres 2014 dan Pilkada DKI lalu. Perang informasi di dunia maya dalam pesta demokrasi tersebut tidak dihindari. "Mereka mencoba menggiring masyarakat ke arah yang lebih dasar believe system," katanya.

Media sosial saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan buat beberapa orang tapi telah menjadi candu. Media sosial juga memiliki peran dan memengaruhi terhadap tatanan kehidupan sosial masyarakat.

"Artinya media sosial adalah salah satu media yang diperhitungkan. Mungkin lebih berpengaruh dengan media lainnya," ucap dia,

Karena memiliki fungsi strategis, menurutnya, media sosial banyak digunakan untuk kepentingan tertentu. Tidak hanya sebagai sarana bersosialisasi tapi juga dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih strategis.

"Persoalannya sekarang pemanfaatannya saat ini berkaitan dengan kepentingan golongan ini yang kita khawatirkan. Ketika kemanfaatan ini diambil oleh yang berkepentingan secara politis hal ini tidak menjadi hal yang menguntungkan," ujarnya.

Dalam diskusi ini hadir sejumlah pembicara, dari Aliansi Jurnalis Independen Adi Marsiela, Dosen Jurusan Antropologi Universitas Padjadjaran Selly Riawanti. (by/detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Pilgub Jabar Diprediksi Berjalan Panas, Media Sosial Bakal Dijadikan Senjata Utama
Pilgub Jabar Diprediksi Berjalan Panas, Media Sosial Bakal Dijadikan Senjata Utama
Diskusi Ancaman Toleransi Terhadap Ketahanan Bangsa, di Institut Francis Indonesia (IFI), di Jalan Purnawarman, Kota Bandung, Selasa, 25 April 2017.
https://1.bp.blogspot.com/-e2PM3H_flPw/WP9NbrwHL-I/AAAAAAAAqfQ/6vcOS-x2NVUSnwYT-br42LvCD4Ljt2WjgCLcB/s640/Pengamat%2BMedia%2BSosial.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-e2PM3H_flPw/WP9NbrwHL-I/AAAAAAAAqfQ/6vcOS-x2NVUSnwYT-br42LvCD4Ljt2WjgCLcB/s72-c/Pengamat%2BMedia%2BSosial.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/pilgub-jabar-diprediksi-berjalan-panas.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/pilgub-jabar-diprediksi-berjalan-panas.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy