Polisi Ingatkan Semua Pihak Untuk Terima Keputusan Hukum Kasus Ahok Dengan Hati yang Lapang

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Polisi Ingatkan Semua Pihak Untuk Terima Keputusan Hukum Kasus Ahok Dengan Hati yang Lapang
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, telah ditetapkan bersalah dalam kasus dugaan penodaan agama yang dilakukannya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), telah menuntut hukuman 1 tahun penjara dengan 2 tahun masa percobaan terhadap Ahok, Kamis, 20 April 2017.

Tuntutan tersebut ditetapkan dalam sidang ke-20 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

"Perbuatan saudara secara sah dan meyakinkan telah memenuhi unsur 156 KUHP, oleh karena itu terdakwa harus dijatuhi pidana 1 tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun," kata JPU Ali Mukartono di hadapan majelis hakim.

Namun, hukuman tersebut tak lantas, langsung membuat Ahok ditahan dalam penjara selama 1 tahun.

Munurut pakar hukum pidana Universitas Indonesia, Gandjar Laksmana Bonaprapta, Ahok bisa lolos dari hukuman penjara apabila selama masa percobaan tak melakukan tindak pidana.

"Hukuman percobaan itu berarti terdakwa hanya akan menjalani pidana penjaranya, apabila dalam masa waktu percobaan melakukan tindak pidana apapun," ujar Gandjar seperti dikutip Kompas.com.

Dari pihak tim kuasa hukum Ahok, I Wayan Sidarta juga mengungkapkan hal yang sama mengenai putusan tersebut.

Hukuman yang diberikan pada Ahok sudah mulai berlaku sejak putusan tersebut di tetapkan.

Meskipun begitu, beberapa pihak terlihat keberatan dengan keputusan itu, termasuk Imam Besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab.

Namun, pihak kepolisian langsung mengingatkan seluruh pihak terkait untuk bisa menerima keputusan tersebut dengan hati yang lapang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, meminta tak ada lagi aksi pengerahan masa untuk Ahok.

"Pak Ahok kan sudah dituntut oleh JPU, apapun tuntutan harusnya legowo. Jangan ada lagi pengerahan massa," ungkap Argo di Polda Metro, seperti dikutip Tribunnews, Sabtu, 22 April 2017.

Argo juga menegaskan tak ada lagi yang bisa melakukan intervensi dalam penenggakan hukum.

Dirinya juga berjanji akan memberikan pengamanan lebih banyak dalm sidang selanjutnya agar tak terjadi kericuhan.

"Tidak ada yang bisa melaakukan intervensi hukum dan membuat situasi tidak baik. Dalam sidang berikutnya, kami akan berikan pengamanan yang lebih banyak," tambahnya. (mln/jtnc)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Polisi Ingatkan Semua Pihak Untuk Terima Keputusan Hukum Kasus Ahok Dengan Hati yang Lapang
Polisi Ingatkan Semua Pihak Untuk Terima Keputusan Hukum Kasus Ahok Dengan Hati yang Lapang
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.
https://3.bp.blogspot.com/-0bZV21VI-k4/WPxFWaPVCMI/AAAAAAAAqXA/xTgP4gNCzWMuiuRdLQs6zk2vIqHuZLUyQCLcB/s640/Argo.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0bZV21VI-k4/WPxFWaPVCMI/AAAAAAAAqXA/xTgP4gNCzWMuiuRdLQs6zk2vIqHuZLUyQCLcB/s72-c/Argo.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/polisi-ingatkan-semua-pihak-untuk.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/polisi-ingatkan-semua-pihak-untuk.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy