Soal DP Rumah Nol Rupiah Anies - Sandi, Ini Kata Sis Apik Wijayanto

Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sis Apik Wijayanto.

Soal DP Rumah Nol Rupiah Anies - Sandi, Ini Kata Sis Apik Wijayanto
BENTENGSUMBAR.COM - Calon kuat pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terus ditagih netizen atas janji kampanyenya memberikan fasilitas uang muka pembelian rumah (DP) nol rupiah.

Namun, duo pilitikus yang diusung Partai Gerindra tidak bisa mewujudkan janjinya itu sendiri tanpa restu Bank Indonesia (BI).

Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sis Apik Wijayanto menyatakan, mustahil bagi perbankan manapun untuk berani memberikan fasilitas tersebut khusus untuk warga DKI Jakarta.

Pasalnya, perbankan harus mematuhi peraturan Bank Indonesia (BI) terkait batas maksimal Loan to Value (LTV). Dalam aturan yang berlaku saat ini, harga rumah yang maksimal bisa ditanggung oleh kredit bank adalah sebesar 85 persen dari total harga rumah. Sementara 15 persen sisanya harus dibayar nasabah yang mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dalam bentuk uang muka.

“Perbankan hanya mengacu pada aturan BI," jelas Sis Apik, baru-baru ini.

Ia mencontohkan, bahkan untuk menalangi pembelian rumah untuk masyarakat menengah ke bawah melalui program KPR Sejahtera (KPRS) yang diciptakan pemerintah, kebijakan pembiayaannya diserahkan ke masing-masing bank. Namun tetap saja ada batas plafon kredit yang bisa diberikan bank untuk setiap daerah.

Menurut Sis Apik, saat ini maksimal plafon kredit untuk program KPRS maksimal Rp130 juta.

Manajemen BRI menurutnya akan tetap mempertahankan prinsip kehati-hatian dalam mencairkan KPR ke masyarakat. Untuk itu, jika Anies dan Sandiaga pada akhirnya nanti sah terpilih sebagai DKI 1 dan DKI 2, BRI ingin berdiskusi langsung untuk mendapatkan penjelasan konsep DP rumah nol rupiah dari keduanya.

“Saya kurang tahu apakah ada tabungan dulu, yang jelas penyaluran KPRS dan KPR bank kan regulasinya mengacu pada aturan BI," tegasnya.

(buya/CNNIndonesia)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Soal DP Rumah Nol Rupiah Anies - Sandi, Ini Kata Sis Apik Wijayanto
Soal DP Rumah Nol Rupiah Anies - Sandi, Ini Kata Sis Apik Wijayanto
Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sis Apik Wijayanto.
https://3.bp.blogspot.com/-YpUCF38dVu8/WP2D7VSN_qI/AAAAAAAAqbY/z60ZklnUFhkU88JwEfvFEZdKoXHHA4CxwCLcB/s640/Direktur%2BKonsumer%2BPT%2BBank%2BRakyat%2BIndonesia%2BTbk%2B%2528BRI%2529%2BSis%2BApik%2BWijayanto.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-YpUCF38dVu8/WP2D7VSN_qI/AAAAAAAAqbY/z60ZklnUFhkU88JwEfvFEZdKoXHHA4CxwCLcB/s72-c/Direktur%2BKonsumer%2BPT%2BBank%2BRakyat%2BIndonesia%2BTbk%2B%2528BRI%2529%2BSis%2BApik%2BWijayanto.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/soal-dp-rumah-nol-rupiah-anies-sandi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/soal-dp-rumah-nol-rupiah-anies-sandi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy