Waspadai Penipuan Lewat Media Sosial

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang, Didi Ariyadi.

Waspadai Penipuan Lewat Media Sosial
BENTENGSUMBAR.COM - Beragam cara penipuan yang dilakukan saat ini. Terutama melalui perangkat komunikasi telepon seluler. Tak pelak, cukup banyak jatuh korban.

Melihat maraknya penipuan melalui media sosial (medsos), seperti Facebook, BBM, maupun aplikasi lainnya, Pemerintah Kota Padang mengimbau seluruh warganya untuk berhati-hati dan waspada. Warga diharapkan tidak mudah percaya dengan rayuan permintaan uang dan sebagainya.

"Kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada terhadap penipuan melalui Informasi Tekhnologi (IT), seperti penipuan melalui Facebook atau media sosial lainnya yang cukup marak akhir-akhir ini," imbau Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang, Didi Ariyadi saat diwawancarai, baru-baru ini.

Saat ini memang telah banyak jatuh korban penipuan lewat media sosial. Hacker meretas akun pribadi seseorang dan meminta sejumlah uang kepada seluruh teman pemilik akun tersebut. Mereka yang percaya, langsung mengirimkan uang ke nomor rekening yang diberikan. Sedangkan pemilik akun sebenarnya tidak mengetahui bahwa akun pribadinya telah diretas dan dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Jangan mudah percaya kepada seseorang yang tiba-tiba meminta dikirimi uang, walaupun akun itu atas nama orang yang kita kenal. Karena bisa saja akun tersebut sudah dibajak oleh orang lain yang tidak dikenal. Pastikan bahwa kita mendapatkan informasi dari orang yang kita kenal, dan informasi yang disampaikan sudah terbukti kebenarannya," kata Didi.

Didi pun mengajak seluruh warga untuk cerdas dalam menggunakan media sosial. Kehadiran media sosial di tengah masyarakat dewasa ini diharapkan memiliki nilai positif bagi masyarakat.

"Seperti kemudahan dan kecepatan dalam mengakses informasi dan pengetahuan yang berguna," tukas Didi.

Akhir-akhir ini cukup banyak yang mengakui bahwa akun pribadi media sosialnya telah dibajak oleh oknum tak bertanggungjawab. Seperti yang dialami Gina. Akun pengguna media sosial Facebook ini pernah dimanfaatkan oleh hacker. Akun pribadinya dijebol dan digunakan hacker untuk meminta uang.

"Beruntung saya cepat diberitahu teman kalau akun saya sudah dibajak. Saat itu juga teman menyebarluaskan informasi bahwa akun saya telah dibajak dan mengabaikan setiap pesan yang dikirimkan melalui akun saya tersebut," ujar wanita asal Siteba ini.

Sementara, Tedi mengakui bahwa dirinya hampir menjadi korban penipuan lewat media sosial. Saat itu dirinya menerima pesan percakapan melalui akun temannya. Beruntung Tedi tidak langsung percaya. Dirinya segera menelpon temannya itu.

"Teman saya itu pun mengaku tak pernah meminta dikirimkan uang. Saat itu juga teman saya itu menutup akun pribadinya," ungkapnya. (Charlie)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Dunia Ekonomi Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Warta Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Waspadai Penipuan Lewat Media Sosial
Waspadai Penipuan Lewat Media Sosial
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang, Didi Ariyadi.
https://2.bp.blogspot.com/-01h_wGbdA5w/WQHsGqKoNVI/AAAAAAAAqmM/naJ1FGuWtbYBnrjLlfxonkruqm8_ECLJQCLcB/s640/Didi.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-01h_wGbdA5w/WQHsGqKoNVI/AAAAAAAAqmM/naJ1FGuWtbYBnrjLlfxonkruqm8_ECLJQCLcB/s72-c/Didi.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/waspadai-penipuan-lewat-media-sosial.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/04/waspadai-penipuan-lewat-media-sosial.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy