Alumni 212 Ajukan 4 Syarat Kepada Presiden Jokowi, Hasri Harahap: Jika Tak Dipenuhi, Tak Ada Rekonsiliasi

Sekjen Presidium Alumni Aksi 212 Hasri Harahap.

Alumni 212 Ajukan 4 Syarat Kepada Presiden Jokowi, Hasri Harahap: Jika Tak Dipenuhi, Tak Ada Rekonsiliasi
BENTENGSUMBAR.COM - Presidium Alumni Aksi 212 menyatakan salah satu syarat rekonsiliasi dengan Presiden Jokowi dapat dilakukan tetapi tak di dalam Istana Negara.

Sekjen Presidium Alumni Aksi 212 Hasri Harahap mengatakan rekonsiliasi hanya dapat dilakukan dengan sejumlah syarat. Salah satu syarat yang disebutkan itu adalah pertemuan ada di tempat netral.

“Pertemuan harus dilakukan di tempat netral, tidak di Istana Negara,” kata Hasri, sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Rabu, 28 Juni 2017.

Dia juga mengatakan pertemuan kelak harus bersifat terbuka sehingga rakyat mengetahui apa yang dibahas dalam acara tersebut. Selain itu, kata Hasri, seluruh komponen macam aktivis Islam dan ulama.

Hal itu dipaparkan Hasri terkait dengan pertemuan antara pimpinan GNPF-MUI yang diwakili Bachtiar Nasir dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pada 25 Juni lalu. Presiden saat itu didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. 

Di sisi lain, Presidium Alumni Aksi 212 juga meminta dugaan kriminalisasi terhadap sejumlah ulama harus dilepaskan terlebih dahulu, sebelum pertemuan dilakukan. Hasri juga menuturkan agenda pertemuan itu berkaitan dengan penghentian diskriminasi hukum dan diskriminasi ekonomi, serta meredam kebangkitan komunisme.

“Jika empat syarat itu tak terpenuhi, maka tidak ada gunanya rekonsiliasi,” kata Hasri lagi.

Diketahui, sejumlah tokoh Islam yang dimaksud oleh Presidium Alumni 212 antara lain adalah ulama yang terjerat kasus macam Rizieq Shihab dan Al Khaththath. Keduanya masing-masing terjerat kasus dugaan pornografi dan makar. 

Dukungan Kebijakan Pemerintah

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya mengatakan GNPF dalam pertemuan itu menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah. 

“Mereka juga mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah, pembangunan bangsa ini, dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pak Presiden, serta meminta untuk punya akses komunikasi,” kata dia dalam situs Sekretariat Kabinet.

Sebelumnya, pengacara senior Yusril Ihza Mahendra menyarankan agar Presiden dapat memberikan abolisi terhadap sejumlah kasus yang menjerat tokoh Islam macam Rizieq Shihab dan Al Khaththath. 

“Abolisi merupakan cara paling baik dilakukan dan tak mempermalukan semua pihak,” kata Yusril dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

(by/CNNIndonesia.com)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Agriculture Catatan BY Dunia Ekonomi Emzalmi-Desri Hukrim Kesehatan Lifestyle Nusantara Opini Padang Pariwara Parlementaria Pendidikan Politik Ranah Minang Seleb Sport Warta Utama
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Alumni 212 Ajukan 4 Syarat Kepada Presiden Jokowi, Hasri Harahap: Jika Tak Dipenuhi, Tak Ada Rekonsiliasi
Alumni 212 Ajukan 4 Syarat Kepada Presiden Jokowi, Hasri Harahap: Jika Tak Dipenuhi, Tak Ada Rekonsiliasi
Sekjen Presidium Alumni Aksi 212 Hasri Harahap.
https://2.bp.blogspot.com/-OjPXM30AIV4/WVY1UtMXu_I/AAAAAAAAsRE/SXMp5Zwqll8e5JBe3u7HuaaUSA-DkgTQQCLcBGAs/s640/Hasri%2BHarahap.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-OjPXM30AIV4/WVY1UtMXu_I/AAAAAAAAsRE/SXMp5Zwqll8e5JBe3u7HuaaUSA-DkgTQQCLcBGAs/s72-c/Hasri%2BHarahap.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/alumni-212-ajukan-4-syarat-kepada.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/alumni-212-ajukan-4-syarat-kepada.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy