Ini Alasan Elektabilitas Jokowi dan PDI-P Tak Terpengaruh Pilkada DKI

Presiden Jokowi dianggap sebagai pemimpin yang mampu bekerja dengan baik, jujur, dan memiliki moral kepemimpinan nan elok.

Ini Alasan Elektabilitas Jokowi dan PDI-P Tak Terpengaruh Pilkada DKI
BENTENGSUMBAR.COM - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru saja merilis survei nasional yang memotret dampak Pilkada DKI Jakarta terhadap kondisi politik nasional.

Hasilnya, Jokowi tetaplah tokoh paling atas yang mendapat dukungan responden untuk menjadi Presiden. Sedangkan PDI Perjuangan tetaplah partai politik yang menjadi pilihan mayoritas responden.

Menurut Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan, Jokowi dan PDI Perjuangan masih di atas semua pesaingnya dan tidak terpengaruh hasil Pilkada DKI Jakarta dikarenakan beberapa hal.

"Berbagai indikator yang berbasis pada evaluasi massa nasional secara umum, positif dan stabil," kata dia dalam paparan hasil survei, Jakarta, Kamis, 8 Juni 2017.

Djayadi mengungkapkan, tingkat kepuasan publik pada kinerja Jokowi masih stabil, bahkan mencapai 67 persen. Sebanyak 69 persen responden bahkan yakin akan kemampuan Jokowi memimpin.

Sementara itu, penilaian atas kondisi ekonomi, politik, dan keamanan juga relatif stabil. Sebanyak 44,4 persen responden merasa ekonomi rumah tangganya lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Bahkan, sebanyak 62,3 persen optimistis keadaan ekonomi keluarga akan lebih baik di tahun depan.

Seiring dengan hal tersebut, Djayadi menamahkan, penilaian atas kondisi ekonomi nasional juga cenderung positif, yakni 57,1 persen. Namun perlu diketahui, persepsi responden ini merupakan persepsi dari masyarakat atau ekonomi rumah tangga.

Tentu dalam hal ini SMRC tidak melihat persepsi dari kacamata pengusaha.

Sementara itu, kepercayaan pada lembaga-lembaga publik juga tidak banyak mengalami perubahan. Urutan teratas masih ditempati TNI (90 persen), Presiden (86 persen), KPK (86 persen), Polri (77 persen), pengadilan (76 persen) dan kejaksaan (74 persen).

"Tingkat kepercayaan pada partai dan DPR paling rendah dibandingkan pada lembaga-lembaga yang lain," ucap Djayadi.

"Berbeda dari spekulasi yang beredar di sejumlah kalangan, survei opini publik ini justru menemukan bahwa semua indikator politik tidak menunjukkan perubahan berarti, sebelum dan sesudah Pilkada DKI Jakarta," ujar Djayadi.

Survei SMRC ini dilakukan pada 14-20 Mei 2017 dengan melibatkan 1.350 responden yang dipilih dengan teknik multistage random sampling dari total populasi nasional yang sudah memiliki hak pilih pemilihan umum.

Margin of error survei ini rata-rata 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(by/kps)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Ini Alasan Elektabilitas Jokowi dan PDI-P Tak Terpengaruh Pilkada DKI
Ini Alasan Elektabilitas Jokowi dan PDI-P Tak Terpengaruh Pilkada DKI
Presiden Jokowi dianggap sebagai pemimpin yang mampu bekerja dengan baik, jujur, dan memiliki moral kepemimpinan nan elok.
https://4.bp.blogspot.com/-08eYRWlygE4/WTpDOzgSzQI/AAAAAAAAF18/s4Gormx4Og4LT6diXlFFx9k2MA8yQ7LwACLcB/s640/Jokowi%2Bdan%2Bulama.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-08eYRWlygE4/WTpDOzgSzQI/AAAAAAAAF18/s4Gormx4Og4LT6diXlFFx9k2MA8yQ7LwACLcB/s72-c/Jokowi%2Bdan%2Bulama.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/ini-alasan-elektabilitas-jokowi-dan-pdi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/ini-alasan-elektabilitas-jokowi-dan-pdi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy