KPK Ciduk Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra, Laode Sebut Suap Kadis Untuk DPRD Terjadi di Seluruh Indonesia

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif

KPK Ciduk Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra, Laode Sebut Suap Kadis Untuk DPRD Terjadi di Seluruh Indonesia
BENTENGSUMBAR.COM - KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan. Kali ini, seorang anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi Partai Gerindra tertangkap saat melakukan transaksi suap. Penangkapan dilakukan pada Senin, 5 Juni 2017 di Surabaya. 

Usai melakukan penangkapan, KPK langsung menyegel sejumlah ruangan di DPRD Jatim. Salah satu yang disegel adalah ruangan Ketua Komisi B DPRD Jatim.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo, membenarkan ada penangkapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur.

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif sebut suap kepala dinas kepada komisi DPRD sering terjadi dibanyak daerah. Ungkapan itu menanggapi perkara suap yang terjadi di Komisi B DPRD Jawa Timur, hasil dari operasi tangkap tangan KPK.

"Kami jelaskan fenomena seperti ini, komitmen yang harus diberikan dinas kepada anggota tidak hanya terjadi di Jatim saja. Tetapi juga diseluruh wilayah Indonesia," kata Laode kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa, 6 Juni 2017.

Ia menyayangkan hal seperti itu masih kerap terjadi di daerah. Laode dengan tegas mengungkapkan seharusnya kepala dinas menolak jika terdapat permintaan dari DPRD terkait pembayaran komitmen.

"KPK menghimbau hal seperti ini tidak dilakukan lagi. Apabila misalnya ada anggota DPRD yang meminta sesuatu kepada dinas, supaya dinas atau kepala dinas yang berhubungan dengan DPRD supaya tidak mengikuti permintaan tersebut," tambahnya.

Dalam perkara suap pejabat Komisi B DPRD Jatim KPK telah menetapkan status tersangka kepada enam orang. Salah satunya ketua Komisi B, Mochamad Basuki sebagai penerima suap. 

Hingga saat ini keenam tersangka masih menjalani pemeriksaan sejak dibawa ke Gedung KPK, Kuningan Jakarta pada pukul 12.52 WIB lalu. Dalam perkara itu, Laode mencium adanya pihak lain yang turut terlibat namun belum ditangkap KPK. 

"Oleh karena itu, untuk pihak yang merasa diduga menerima atau menjanjikan sejumlah uang diharapkan untuk kooperatif dengan KPK. Sebaiknya dia melaporkan diri ke KPK atau bisa memilih kantor polisi terdekat di Jatim," demikian Laode.

(by/rmol)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Agriculture Catatan BY Dunia Ekonomi Emzalmi-Desri Hukrim Kesehatan Lifestyle Nusantara Opini Padang Pariwara Parlementaria Pendidikan Politik Ranah Minang Seleb Sport Warta Utama
false
ltr
item
BentengSumbar.com: KPK Ciduk Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra, Laode Sebut Suap Kadis Untuk DPRD Terjadi di Seluruh Indonesia
KPK Ciduk Anggota DPRD Jatim Fraksi Gerindra, Laode Sebut Suap Kadis Untuk DPRD Terjadi di Seluruh Indonesia
Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif
https://1.bp.blogspot.com/-1hxnGI_aXLM/WTbSChWuL5I/AAAAAAAAFwU/tpsjpJAgphsoltqm2Ue1f40t1uumTABCQCLcB/s640/KPK.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1hxnGI_aXLM/WTbSChWuL5I/AAAAAAAAFwU/tpsjpJAgphsoltqm2Ue1f40t1uumTABCQCLcB/s72-c/KPK.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/kpk-ciduk-anggota-dprd-jatim-fraksi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/kpk-ciduk-anggota-dprd-jatim-fraksi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy