OTT Mojokerto, KPK Cokok Ketua DPRD dan Amankan Duit THR Rp 400 Juta

OTT Mojokerto, KPK Cokok Ketua DPRD dan Amankan Duit THR Rp 400 Juta
BENTENGSUMBAR.COM - Tim Satgas Penindakan KPK dikabarkan kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Mojokerto, Jatim Jumat, 16 Juni 2017 malam.

Dari informasi yang dihimpun Jawapos.com, ada delapan orang yang berhasil diamankan. Meraka antara lain, Ketua DPRD Mojokerto berinisial P (PDIP), wakil Ketua DPRD berinisial UF( PAN) dan Ketua Komisi III berinisial  AF( PKB).

Selain itu turut juga diciduk Kadis PU Mojokerto berinisial WF dan empat orang pihak lain yang diduga turut serta terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana penyuapan. Mereka diciduk tak lama pasca hearing proyek pembangunan perguruan tinggi (PT) yang digelar Jumat malam, 16 Juni 2017.

Dari hasil OTT tersebut, KPK berhasil amankan sejumlah uang suap senilai ratusan juta rupiah.’’Dapat Rp 400 juta (DPRD-red),’’ tutur sumber internal KPK, kepada JawaPos.com Sabtu, 17 Juni 2017.

Uang tersebut menurut sumber tersebut, diduga sebagai setoran untuk tunjangan hari raya (THR) menjelang lebaran.’’Setoran proyek mau lebaran, ‘’ imbuh sumber tersebut.

Perihal adanya OTT ini, juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkannya. "Jumat (16/8) tengah malam kemarin ada kegiatan OTT oleh tim KPK di Mojokerto," terang Febri ketika dikonfirmasi Sabtu, 17 Juni 2017.

Atas penangkapan beberapa anggota dewan dan kepala dinas Mojokerto tersebut, KPK berencana akan menggelar konferensi pers Sabtu (17/6) petang. ''Semoga sore ini bisa konferensi pers ya," tukas Febri. Saat ini, kedelapan pihak yang ditangkap tengah digelandang ke Gedung KPK Merah Putih Jakarta, guna dilakukan pemeriksaan dan ditentukan status hukumnya di tingkat penyidikan.

Tak hanya itu, KPK juga dikabarkan menangkap seorang pejabat di salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Mojokerto. Mereka ditangkap lantaran diduga tengah melakukan transaksi suap.

Informasi dihimpun, suap diduga berkaitan dengan pemulusan anggaran di salah satu dinas di Mojokerto. "Ini terkait anggaran," kata seorang sumber internal KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah pun membenarkan kabar OTT tersebut. "Jumat menjelang tengah malam kemarin ada kegiatan OTT oleh tim KPK di Mojokerto," kata Febri saat dikonfirmasi pagi ini.

Meski demikian, Febri belum dapat menjelaskan lebih detail perihal OTT  tersebut. Menurut dia, KPK akan memberikan keterangan resmi sore ini.

(by/jpg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »