Ridwan Kamil Mulai Pikirkan Mundur, PKS Blunder Jika Usung Istri Aher di Pilgub Jabar

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil,

Ridwan Kamil Mulai Pikirkan Mundur, PKS Blunder Jika Usung Istri Aher di Pilgub Jabar
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengaku kesiapannya maju sebagai calon gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, masih diterpa ketidakpastian. Meski saat ini, mendapat dukungan Partai Nasional Demokrat.

Untuk menekan ketidakpastiannya itu, safari politik ke daerah-daerah menjadi aktivitas akhir pekan dia. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini ,juga menjalin komunikasi dengan partai lain, mengingat NasDem saat ini hanya memiliki lima kursi di DPRD Jawa Barat.

"Karena, mau maju jadi calon juga belum pasti. Karena, baru lima kursi dari 20, jadi masih ikhtiar," ujar Kang Emil di Bandung Jawa Barat, Jumat 9 Juni 2017.

Mengingat potensi ketidakpastian tersebut, mundur dari kontes politik di Pilgub Jabar akan menjadi pilihannya. Termasuk jika peluang politiknya tidak bernasib baik, saat terjun ke Pemilihan Wali Kota Bandung 2018.

"Jadi, jangan kaget kalau saya enggak jadi maju. Enggak (ikut Pilwalkot lagi), saya mau pensiun saja. Jadi, arsitek saja," terangnya.

Kang Emil menuturkan, safari politik ke daerah-daerah di Jawa Barat tergolong sulit. Dengan situasi tersebut, silaturahmi dengan tokoh-tokoh Jawa Barat, menjadi solusi alternatif untuk menghubungkan dengan masyarakat.

"Saya hanya menjalin dengan tokoh-tokoh, supaya menjadi penyambung opini kepada masyarakat. Jadi, saya enggak ngumpul-ngumpul masyarakat dalam skala besar, atau acara-acara, belum ada waktunya," katanya. 

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih menggodok nama-nama yang akan diusung di Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Sejumlah nama dari internal PKS tengah bersaing untuk mendapat restu Majelis Syuro PKS. Satu nama yang disodorkan adalah istri Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani Heryawan.

Namun, menurut Pengamat Politik Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf, jika PKS Jabar tetap mengusulkan istri Gubernur Jawa Barat itu menjadi calon di Pilkada Jabar 2018, berpotensi blunder.  

"Ini akan besar sekali potensi terjadi blundernya. Masyarakat pasti akan mencatat bagaimana PKS ketika Pilgub 2013 lalu yang menyatakan pemimpin laki-laki lebih baik, ketika Ahmad Heryawan bersaing dengan Rieke Diah Pitaloka. PKS akan dinilai inkonsisten," kata Asep, baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, PKS selama ini dikenal sebagai partai yang bergerak dengan prinsip dan nilai-nilai agama. Salah satunya dengan mengedepankan peran laki-laki untuk diposisikan dalam kursi kepemimpinan daerah. Meskipun harus diakui, kualitas Netty Prasetyani Heryawan juga cerdas dan mumpuni sebagai pemimpin.

Bahkan, Asep menilai, dikutsertakannya Netty Heryawan dalam konstestasi Pilgub Jawa Barat 2018 akan mengganjal karir politik Ahmad Heryawan di tingkat nasional. "Hanya saja, di Jawa Barat masih ada kalangan yang menilai tabu (pantangan) kepemimpinan wanita di tengah banyaknya tokoh laki-laki yang boleh jadi mampu memimpin Jawa Barat," ujarnya.

Asep menyarankan, sebaiknya Netty Heryawan mengoptimalkan perannya sebagai pendorong Ahmad Heryawan untuk melanjutkan karir politik di tingkat nasional. "Sangat mungkin Pak Aher lanjut ke nasional, minimal Wapres bahkan Capres sekalipun. Saya kira Pak Aher layak dan mempunyai kans yang besar," ujarnya.

Sebelumnya, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat memutuskan akan mengusung Netty Prasetyani Heryawan dan Ahmad Syaikhu sebagai kandidat calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 mendatang.

Istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua DPW PKS Jabar itu akan diajukan DPW PKS Jabar kepada DPP PKS sebagai kandidat cagub. Dua nama itu muncul setelah melalui proses yang telah dilakukan internal partai.

"Alhamdulillah ada satu tahap lebih maju. Pengusulan calon kita kerucutkan menjadi dua orang. Ibu Netty Heryawan dengan Pak Ahmad Syaikhu," kata Sekum DPW PKS Jabar, Abdul Hadi.

(by/viva)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Ridwan Kamil Mulai Pikirkan Mundur, PKS Blunder Jika Usung Istri Aher di Pilgub Jabar
Ridwan Kamil Mulai Pikirkan Mundur, PKS Blunder Jika Usung Istri Aher di Pilgub Jabar
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil,
https://3.bp.blogspot.com/-Ce9USS5z6uc/WTq2tihbkfI/AAAAAAAAF2s/-aXx2C3wg9kgiVrtytl9GYlDvdQ6a4kxwCLcB/s640/Ridwan-kamil-.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Ce9USS5z6uc/WTq2tihbkfI/AAAAAAAAF2s/-aXx2C3wg9kgiVrtytl9GYlDvdQ6a4kxwCLcB/s72-c/Ridwan-kamil-.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/ridwan-kamil-mulai-pikirkan-mundur-pks.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/ridwan-kamil-mulai-pikirkan-mundur-pks.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy