Sri Bintang Pamungkas Sebut Harusnya Jaksa KPK Tak Sebut Aliran Dana Rp 600 Juta kepada Amien Rais

Sri Bintang Pamungkas.

Sri Bintang Pamungkas Sebut Harusnya Jaksa KPK Tak Sebut Aliran Dana Rp 600 Juta kepada Amien Rais
BENTENGSUMBAR.COM - Sri Bintang Pamungkas mengomentari sikap Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) yang enggan menerima utusan Amien Rais.

Perwakilan politikus senior Partai Amanat Nasional gagal bertemu dengan pimpinan KPK untuk membahas mengenai perkara korupsi alat kesehatan yang menyeret Amien Rais.

Ia menjelaskan, jika KPK tidak ingin menemui perwakilan Amien Rais, seharusnya KPK melalui Jaksa, tidak menyebutkan adanya aliran dana sebesar Rp 600 juta kepada Amien Rais.

"Kalau kemudian KPK menolak untuk ketemu, lah ngapain ngomong seperti itu, " ujar Sri Bintang, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Senin, 5 Juni 2017.

Karena itu, ia pun menyarankan Amien Rais untuk melayangkan gugatan terhadap Jaksa KPK lantaran telah mencemarkan nama baik.

"Nah di sini saya sarankan saudara Amien Rais bisa menggugat kembali (terkait) pencemaran nama baik, setelah katakanlah hari ini ditolak untuk ketemu (KPK)," kata Sri Bintang.

Menurutnya, Jaksa KPK yang menyebutkan nama Amien Rais tersebut seharusnya digugat menggunakan Pasal 311 KUHP.

"Pencemaran nama baik menggunakan pasal 311 KUHP, gugat aja itu yang namanya Jaksa KPK itu," kata Sri Bintang.

Hal tersebut karena apa yang telah disebutkan Jaksa KPK tidak ditindaklanjuti.

"Udah ngomong, tetapi kemudian mundur," ujar Sri Bintang.

Sebelumnya, Amien Rais, melalui Politisi PAN Drajad Wibowo yang mewakili dirinya, menyambangi gedung KPK pada siang tadi.

Kedatangan Drajad juga didampingi sejumlah orang, termasuk putra Amien Rais, yakni Hanafi Rais.

Niat bertemu dengan pimpinan KPK untuk membahas masalah penyebutan nama Amien Rais dalam korupsi alat kesehatan itu pun kandas lantaran pimpinan KPK ingin pertemuan direncanakan terlebih dahulu.

Sementara itu, Juru bicara KPK, Febri Diansyah, menegaskan penyebutan nama mantan ketua MPR, Amien Rais di sidang kasus korupsi pengadaan alat kesehatan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) 2005 di Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan, merupakan fakta hukum di persidangan.

Namun, dia membantah, apabila ada yang mengatakan, penyebutan nama Amien Rais menerima aliran dana uang dugaan korupsi kental unsur politis.

"Jadi tidak ada aspek-aspek lain, aspek politis dan lain sebagainya. Jadi mari kita lihat dari kacamata hukum saja," kata Febri, ditemui di Gedung KPK, Senin, 5 Juni 2017.

Memang, mantan Ketua MPR itu dan mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Sutrisno Bachir, belum dimintai keterangan terkait aliran dana dari kasus tersebut.

Hal ini, karena pihak Komisi anti rasuah tersebut masih fokus mengungkap dugaan kasus korupsi yang dilakukan mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, selaku terdakwa.

"Kami masih putuskan fokus selidiki indikasi korupsi yang dilakukan terdakwa. Jadi proses penyidikan tidak melebar kemana-mana terlebih dahulu karena strategi penyidikan," kata dia.

Sampai saat ini, penyidik KPK masih fokus di pembuktian terdakwa dan bagaimana tahap pembelaan sampai majelis hakim menjatuhkan putusan.

Setelah itu akan dilihat bagaimana konstruksi perkara tersebut.

Meskipun begitu, penyebutan nama Amien Rais di persidangan tetap menjadi fakta di persidangan.

Sehingga ketika fakta muncul ada aliran dana masuk ke rekening dari transfer dari salah satu saksi yang sudah diperiksa tentu tidak mungkin ditutupi.

"Tetapi konteks pesan perkara ini kami sampaikan adalah buktikan konstruksi perbuatan terdakwa. Nanti diputuskan fakta mana yang terbukti dan tidak terbukti. Saya sampaikan memang itu ada bukti dan di rekening saksi terkait aliran dana tersebut," kata dia.

(by/tnc)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Sri Bintang Pamungkas Sebut Harusnya Jaksa KPK Tak Sebut Aliran Dana Rp 600 Juta kepada Amien Rais
Sri Bintang Pamungkas Sebut Harusnya Jaksa KPK Tak Sebut Aliran Dana Rp 600 Juta kepada Amien Rais
Sri Bintang Pamungkas.
https://4.bp.blogspot.com/-0PVufBrxmJk/WTVXcx5QQOI/AAAAAAAAFsc/CtEYE_eIXOQho-cB073bAgE-YWDa5WzCACLcB/s640/Sri%2BBintang%2BPamungkas.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-0PVufBrxmJk/WTVXcx5QQOI/AAAAAAAAFsc/CtEYE_eIXOQho-cB073bAgE-YWDa5WzCACLcB/s72-c/Sri%2BBintang%2BPamungkas.JPG
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/sri-bintang-pamungkas-sebut-harusnya.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/06/sri-bintang-pamungkas-sebut-harusnya.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy