Anggota Dewan Ini Ajak Masyarakat Donorkan Darah

Anggota Dewan Ini Ajak Masyarakat Donorkan Darah
BENTENGSUMBAR.COM - Semakin meningkatnya permintaan darah terkadang menyebabkan PMI mengalami kekurangan stok darah, terutama di bulan ramadan dan setelah lebaran. 

Hal ini disebabkan antara lain karena masih banyak masyarakat yang terkontaminasi dengan mitos donor darah (penularan penyakit, donor darah menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, dan lain sebagainya), sehingga calon pendonor pun menjadi takut untuk melakukan donor darah.

Anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H Maidestal Hari Mahesa mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah. Hal itu disampaikannya di sela-sela pelaksanaan donor darah di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin, 17 Juli 2017.

"Setetes darah kita sangat membantu nyawa saudara kita. Untuk itu, mari kita donorkan darah kita," ujar Ketua DPC PPP Kota Padang ini, usai mendonorkan darahnya. 

Maidestal Hari Mahesa sendiri mengaku secara rutin melakukan donor darah. "Bila ada kesempatan, ya saya donor darah. Bagi saya sudah jadi rutinitas," ungkapnya. 

Manfaat Donor Darah

Dikutip dari situs doktersehat.com, penelitian telah menunjukkan bahwa donor darah dapat membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam darah bisa berbahaya, karena hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sangat berpotensi terhadap serangan jantung dan stroke.  Dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.

Selain Zat besi, ternyata donor darah juga dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah.  Anda tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang Anda akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang.  

Sebagai pendonor, Anda akan mendapatka pasokan sel darah merah baru setiap kali Anda mendonorkan darah.  Donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.

Jika Anda termasuk salah satu dari mereka yang sedang giat membakar kalori dalam tubuh, memilih untuk menjadi pendonor darah adalah keputusan yang tepat.  

Dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah akan membantu proses pembakaran sekitar 650 kalori.  Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat merampingkan pinggang.

Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah akan memberikan kepuasan psikoligis tersendiri.  Sebuah penelitian mengatakan, jika orang usia lanjut dan rutin menjadi pendonor darah bisa merasakan hidup lebih berenergi dan bugar.

Prosedur standar sebelum mendonorkan darah adalah, darah Anda akan diperiksa dari berbagai macam penyakit, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, malaria dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Sangat penting untuk mengantisipasipenularan penyakit melalui tranfusi darah.  Sisi baik bagi si pendonor adalah informasi kesehatan dapat langsung diterima saat mendonorkan darah.

(by/andi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »