Menuju Padang Smart City, Dinas Kominfo Pertegas Eksistensi KIM

Kegiatan Pembinaan KIM se-Kota Padang oleh Dinas Kominfo Padang di Hotel Pangeran Beach, Kamis, 20 Juli 2017.

Menuju Padang Smart City, Dinas Kominfo Pertegas Eksistensi KIM
BENTENGSUMBAR.COM - Kota Padang semakin mempertegas menjadi "Smart City" atau (kota cerdas-red). Secara bertahap, ibukota Povinsi Sumatera Barat ini terus bergerak maju. Salah satunya melalui peningkatan informasi, akses dan pendayagunaan informasi bagi publik/masyarakat. Sebagaimana hal itu, juga tak lepas dari upaya memberdayakan segala potensi, salah satunya keterlibatan dan dukungan seluruh stakeholder melalui peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Didi Aryadi menjelaskan, KIM merupakan wahana informasi dan komunikasi sekaligus media dialog antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan juga sebaliknya. Saat ini di Kota Padang telah terdapat begitu banyak KIM di berbagai bidang, diantaranya di bidang usaha ekonomi, agama, senibudaya, wisata dan lainnya.

“Jadi KIM juga berperan sebagai “jembatan” antara pemerintah dengan masyarakat dalam merumuskan dan menyosialisasikan setiap kebijakan di tengah masyarakat. Di samping itu, juga sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi," sebut Didi Aryadi dalam kegiatan Pembinaan KIM se-Kota Padang oleh Dinas Kominfo Padang di Hotel Pangeran Beach, Kamis, 20 Juli 2017.

Dilanjutkannya, dalam memaksimalkan peran KIM di Kota Padang, pihaknya perlu melakukan serangkaian langkah-langkah agar kapasitas KIM yang aktif di setiap kelurahan terus meningkat. Bagi yang belum aktif katanya, akan diaktifkan melalui sosialisasi dan pembinaan secara berkelanjutan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan, terciptanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pembinaan KIM secara terpadu dan berkesinambungan,” ulas mantan Kepala BPMPT-SP Padang itu.

Lebih lanjut ia menambahkan, di samping itu, Dinas Kominfo Kota Padang juga memberikan dukungan bagi KIM di Kota Padang dengan menyiapkan sub domain yang dapat diakses melalui website padang.go.id. Dengan itu semua aktifitas dari KIM nantinya akan dimasukkan ke dalam website sesuai standarisasi yang ditentukan.

“Memang ini menjadi bahan rujukan utama kita, bagaimana setiap kelompok atau stakeholder yang ingin mengetahui informasi tentang Kota Padang atau pun sebaliknya bisa melihatnya dengan mengakses website padang.go.id. Kita berharap, upaya tersebut semakin memajukan masyarakat yang semakin kritis seiring kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini,” tambahnya lagi didampingi Kepala Bidang Komunikasi Statistik dan Persandian, Swesti Fanloni.

Dalam Pembinaan KIM tersebut, dibuka Walikota Padang melalui Asisten Perekonomian dan Kesra Setdako, Hermen Peri. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta mewakili KIM di Kota Padang yang dinilai aktif di bidang usaha, keagamaan, senibudaya, ekonomi kecil menengah dan pariwisata.

Sementara untuk narasumber menghadirkan Mulyadi Mutalib, Kasi Monitoring dan Evaluasi Subdit Kemitraan Lembaga Komunikasi Sosial, Direktorat Kemitraan Komunikasi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo.

(David / Nanda)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Menuju Padang Smart City, Dinas Kominfo Pertegas Eksistensi KIM
Menuju Padang Smart City, Dinas Kominfo Pertegas Eksistensi KIM
Kegiatan Pembinaan KIM se-Kota Padang oleh Dinas Kominfo Padang di Hotel Pangeran Beach, Kamis, 20 Juli 2017.
https://3.bp.blogspot.com/-RPZfr9fRkak/WXDXgq0tPCI/AAAAAAAAtCw/TTvY_i145uklBGzt7oGXMcCIrEGGxJ4yQCLcBGAs/s640/Didi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RPZfr9fRkak/WXDXgq0tPCI/AAAAAAAAtCw/TTvY_i145uklBGzt7oGXMcCIrEGGxJ4yQCLcBGAs/s72-c/Didi.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/menuju-padang-smart-city-dinas-kominfo.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/menuju-padang-smart-city-dinas-kominfo.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy