Obama: Ayah Tiri Saya, Dia Muslim, Tapi Dia Hargai Orang Hindu, Buddha, dan Kristen

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama bersama Presiden Joko Widodo.

Obama: Ayah Tiri Saya, Dia Muslim, Tapi Dia Hargai Orang Hindu, Buddha, dan Kristen
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menjadi bintang utama dalam Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Sabtu, 1 Juli 2017. Penampilannya disambut amat meriah, apalagi ketika dia bicara tentang toleransi.

"Ayah tiri saya, dia Muslim, tapi dia hargai orang Hindu, Buddha, Kristen," kata Obama yang disambut tepuk tangan riuh dan sorak sorai sekitar 4.000 orang yang hadir, seperti dilaporkan BBC Indonesia.

Toleransi menjadi salah satu topik utama pidato Obama lantaran di dunia dan Indonesia, "Ada peningkatan penolakan pada kelompok minoritas, diskriminasi yang berdasarkan etnis, dan agama."

Obama bercerita, sikap toleransi yang dilihat dari ayah tirinya, Lolo Soetoro, dan berbagai pengalaman masa kecilnya di Indonesia, menjadi pelajaran berharga baginya untuk "menghargai perbedaan".

"Dan ketika melihat Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, di tengah negara Muslim, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi negara Muslim, wayang kulit dan Ramayana di negara Muslim, semangat Indonesia haruslah toleransi. Dan itu juga terlihat dari gereja dan mesjid yang bersebelahan," tutur Obama yang disambut kembali dengan sorakan penonton.

Menurut Obama, toleransi inilah semangat dan karakter paling penting dari Indonesia yang harus ditiru negara Muslim di seluruh dunia.

"Bhinneka Tunggal Ika. Unity in Diversity," ujarnya.

Meskipun begitu, Obama menyadari gelombang anti-toleransi dan diskriminasi sedang berkembang pesat di dunia. Perkembangan teknologi dan internet disebutnya sebagai penyebab utama.

"Informasi instan yang menyebarkan berita buruk, membuat orang khawatir, sehingga mencari kemanan di tempat yang salah," ujarnya.

Dan muncullah apa yang disebut Obama sebagai 'nasionalisme yang salah', diskriminasi terhadap 'orang yang berbeda dari kita.'

Obama menekankan, penting sekali bagi orang Indonesia dan Amerika untuk melawan politik "saya versus mereka" itu.

Presiden ke-44 Amerika Serikat itu meminta anak muda Indonesia dan dunia untuk mempromosikan toleransi, karena jika tidak, dunia bisa akan berakhir dengan "perang dan hancurnya masyarakat".

Di penghujung pidatonya terkait toleransi Obama menyatakan, "Kita harus menghargai satu sama lain. Kalau kamu yakin benar pada kepercayaanmu, kamu tentunya tidak perlu khawatir dengan kepercayaan orang lain," pungkas Obama.

Toleransi Harus Diperjuangkan

Pidato Obama terkait toleransi ini mendapat tanggapan positif dari penonton yang hadir.

Misalnya Ayi Putri Cakrawardana, seorang diaspora Indonesia yang tinggal di Washington, Amerika Serikat. "Obama benar-benar tahu arti toleransi," tuturnya.

"Buktinya dia sendiri bilang ke Borobudur, tapi banyak orang Islam. Dan itu fakta, makanya saya agak heran mengapa kita, orang Indonesia, tidak begitu bertoleransi, padahal beliau orang luar bisa melihat itu," tutur Ayi.

Sementara, Aldo dari Universitas Indonesia, lebih melihat pidato toleransi Obama sebagai refleksi bagi masyarakat Indonesia.

"Karena belakangan toleransi jadi isu yang sensitif bagi kita. Dengan tadi dikasih pandangan menyeluruh oleh Obama, ini bisa jadi pandangan positif bagi kita-kita terutama yang kemarin banyak kena efek negatif, teruama terkait masalah politik yang ujungnya bawa kepercayaan masing-masing," ujarnya

Baik Ayi maupun Aldo percaya, "Toleransi harus diperjuangkan."

(by/bbc)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Obama: Ayah Tiri Saya, Dia Muslim, Tapi Dia Hargai Orang Hindu, Buddha, dan Kristen
Obama: Ayah Tiri Saya, Dia Muslim, Tapi Dia Hargai Orang Hindu, Buddha, dan Kristen
Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama bersama Presiden Joko Widodo.
https://2.bp.blogspot.com/-soQyHVlpNVM/WVeXAuJHeGI/AAAAAAAAsTI/rLq3KmPZeEAjOCo3mWcQLOoRzAnI9ZCNQCLcBGAs/s640/Obama2.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-soQyHVlpNVM/WVeXAuJHeGI/AAAAAAAAsTI/rLq3KmPZeEAjOCo3mWcQLOoRzAnI9ZCNQCLcBGAs/s72-c/Obama2.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/obama-ayah-tiri-saya-dia-muslim-tapi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/obama-ayah-tiri-saya-dia-muslim-tapi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy