Perpaduan Birokrat dengan Wiraswasta Sukses akan Melahirkan 4 Gaya Kepemimpinan

Zulkifli Sikumbang diapit oleh Desri Ayunda, bakal calon Wakil Walikota Padang, dan Mirkadri Miyar, mantan anggota DPRD Kota Padang.

Perpaduan Birokrat dengan Wiraswasta Sukses akan Melahirkan 4 Gaya Kepemimpinan
PEMIMPIN dari perpaduan birokrat dengan wiraswasta sukses akan melahirkan 4 gaya kepemimpinan untuk menuju kota Padang yang lebih baik.

Kita sudah merasakan bermacam karakter kepemimpinan semenjak era reformasi pemimpin, yang kita pilih secara langsung melalui proses pilkada. Sehingga politikus banyak yang maju dalam pemilihan kepala daerah, harus kita akui, berdasarkan apa yang kita jumpai di beberapa daerah, pemimpin dari tokoh politik cenderung membuat tatanan birokrasi tidak tertata dengan manajemen yang baik.

Akibat dari penempatan aparatur sipil negara tidak sesuai dengn ilmu yang di dapatkan oleh ASN tersebut, misalnya dokter ditempatkan di Dinas Sosial. Ini terjadi dikerenakan penempatan jabatan di pemerintahan lebih dominan unsur politisnya.

Seorang pemimpin dengn latar belakang dari pejabat karir, mereka berpengalaman untuk mengisi posisi aparatur pemerintahan sesuai dengn keahlian sehingga yang bersangkutan. Mampu menjalankan tugas dan fungsinya, yaitu sebagai pelayan publik kepada masyarakat secara profesional dan akuntabel. 

Apabila publik dapat terlayani dengan baik oleh aparatur birokrasi, maka dengan sendirinya aparatur birokrasi mampu menempatkan posisi dan kedudukannya sebagai civil servant atau public service. Kondisi ini akan berdampak pada kinerja dari aparatur birokrasi yang sesuai dengan harapan dari masyarakat yang pada akhirnya akan menimbulkan trust kepada aparatur birokrasi tersebut. 

Hal inilah yang akan menjadikan negara yang maju dalam hal pelayanan kepada publik dan melahirkan birokrasi yang bersih, akuntabel dan transparan.

Kombinasi birokrat dengan wiraswasta sukses akan menghasilkan empat gaya kepemimpinan, yaitu: 1) Gaya memerintah: ciri yang dominan adalah mengatakan, menegaskan dan membentuk; 2) Gaya partisipatif: ciri yang dominan adalah membimbing, merundingkan dan bekerja sama; 3) Gaya katalisis: ciri yang dominan adalah memberi semangat, memudahkan dan berkonsultasi; 4) Gaya tidak memerintah: ciri yang dominan adalah mendelegasikan wewenang sehinga kepemimpinan di pemerintahan berjalan dengn filsafat Minang yang mengandung raso jo pareso mempercayai kemampuan bawahan untuk bekerja mandiri dan memiliki motivasi untuk melakukan tugas serta mempunyai kemampuan dalam pelayanan.

Ditulis Oleh:
Zulkifli Sikumbang 
Ketua Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Catatan BY Dunia Emzalmi-Desri Headline Hukrim Lifestyle Nusantara Opini Padang Pariwara Parlementaria Politik Ranah Minang Seleb Sport
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Perpaduan Birokrat dengan Wiraswasta Sukses akan Melahirkan 4 Gaya Kepemimpinan
Perpaduan Birokrat dengan Wiraswasta Sukses akan Melahirkan 4 Gaya Kepemimpinan
Zulkifli Sikumbang diapit oleh Desri Ayunda, bakal calon Wakil Walikota Padang, dan Mirkadri Miyar, mantan anggota DPRD Kota Padang.
https://2.bp.blogspot.com/-z7546iDFaHI/WXjXo7CIEqI/AAAAAAAAtUM/nHAp_TBUGy4ZRouaF93Z_X08VzZRm2EJQCLcBGAs/s640/Zulkifli1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-z7546iDFaHI/WXjXo7CIEqI/AAAAAAAAtUM/nHAp_TBUGy4ZRouaF93Z_X08VzZRm2EJQCLcBGAs/s72-c/Zulkifli1.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/perpaduan-birokrat-dengan-wiraswasta.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/perpaduan-birokrat-dengan-wiraswasta.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy