Presiden Bank Dunia Puji Kepemimpinan Presiden Jokowi

Presiden Bank Dunia Puji Kepemimpinan Presiden Jokowi
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah menteri Kabinet kerja menerima kunjungan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim beserta delegasinya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 26 Juli 2017 siang.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama dan kemitraan yang selama ini terjalin antara Bank Dunia dengan Indonesia. Ia juga mengapresiasi Bank Dunia yang membuka kantor perwakilan di Indonesia, yang menurutnya merupakan kantor perwakilan Bank Dunia terbesar selain kantor pusat Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

“Saya senang Anda dapat mengunjungi dan mengagumi  kantor anda yang sangat besar dan sangat aktif beroperasi di Indonesia,” ujar Jokowi.

Menurut Presiden, Bank Dunia telah membantu memperbaiki struktur dan kualitas atau pengeluaran fiskal Indonesia. Selain itu, Bank Dunia juga terus berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam menurunkan angka kemiskinan serta memperbaiki kualitas kesehatan dan pendidikan di Indonesia.‎

Presiden menilai, Bank Dunia dan pemerintah Indonesia melakukan pekerjaan penting  dalam pemberantasan kemiskinan, investasi bagi pembangunan manusia seperti peningkatan kesehatan dan pendidikan, serta menangani dampak perubahan iklim.

“Kami senang bahwa tahun lalu Bank Dunia meningkatkan peringkat kami dalam Ease of Doing Business ( EODB) dari peringkat 106 sampai 91. Saya tahu Anda di sini untuk mengatakan bahwa tahun ini Bank Dunia akan menaikkan peringkat Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Presiden Bank Dunia (World Bank Group) Jim Yong Kim memuji berbagai kemajuan di bidang infrastruktur yang kini dicapai Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Kim melihat Indonesia dapat menjadi model bagi negara lain, karena kepemimpinan Presiden Jokowi sangat bagus,” kata Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan saat memberikan keterangan pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 26 Juli 2017.

Luhut mengatakan, pada kesempatan itu, Kim juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi tentang perkembangan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur seperti pelabuhan, jalan, dan bandar udara di sejumlah daerah di Tanah Air. Kesiapan sarana infrastruktur nantinya diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

“Pak Kim juga mengingatkan bahwa Indonesia bisa memainkan peran dalam pengembangan teknologi tinggi,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Luhut, Kim juga mengingatkan kepada pemerintah Indonesia tentang pentingnya memperbaiki program pengentasan kemiskinan dan peningkatan pendidikan.

“Masalah garis kemiskinan masih perlu diperbaiki, dan itu bukan hal yang mudah. Tapi kita harus maju dalam hal itu,” kata Luhut.

Saat bertemu Presiden Jokowi itu, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim didampingi oleh Country Director Indonesia and Timor Leste Rodrigo Chaves, Vice President for East Asia and the Pacific Victoria Kwakwa, Regional Director IFC Vivek Pathak, Country manager IFC Azam Khan, Operations Manager Indonesia Rolande Pryce, dan Special Assistant/Advisor President World Bank Group Aurelie Chardon.

Sementara Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

(by/setkab/bsc)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »