Sofyan Alop, Imam Salat Berambut Gimbal yang Membuat Gubernur Maluku Utara Minta Maaf

Sofyan Alop, Imam Salat Berambut Gimbal yang Membuat Gubernur Maluku Utara Minta Maaf
BENTENGSUMBAR.COM - Ramai dibahas di medsos seorang berambut gimbal yang bertindak sebagai imam salat. Dalam video, terdengar ia melantunkan ayat suci Alquran dengan suara merdunya.

Video tersebut berdurasi 2 menit 30 detik yang direkam di sebuah musala. Video ini ramai diperbincangkan, karena, pandangan umum, terlihat kontras dari penampilan dengan suara merdunya saat mengimami salat.

Dalam video, ia membacakan surat Al-Fatihah disambung surat Al-Jumuah. Nampak, makmum khidmat mendengarkan ayat suci yang dilantunkan sang imam.

Dikonfirmasi mengenai video ini, ternyata sang imam bernama Sofyan Alop. Pria yang berasal dari Halmahera ini berprofesi sebagai aktor. Ia mengatakan, video yang tersebar itu saat ia menunaikan salat magrib di kawasan Bidakara, Jaksel.

"Itu waktu semalam pas magrib di Bidakara lantai 2," ujar Sofyan saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (29/7/2017).

Dia tak menyangka salatnya direkam dan diunggah ke media sosial. Lebih tak menyangka lagi ternyata video itu jadi viral.

"Saya sih awalnya nggak tahu kok videonya bisa kesebar," tutur Sofyan.

Sofyan Alop, imam berambut gimbal bersuara merdu saat mengimami salat mengaku tak sengaja bertemu dengan gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba saat salat. Bahkan, Sofyan sempat bertemu empat mata dengan Abdul. Bagaimana ceritanya?

Pertemuannya dengan Gubernur Maluku Utara inilah yang menjadi awal mula tersebarnya video salatnya yang viral. Saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (29/7/2017), Sofyan menuturkan ia baru menunaikan salat magrib berjemaah seusai sang gubernur salat jamak. Nah, saat bertindak sebagai imam, Sofyan merasa sempat dipandang sebelah mata oleh Abdul.

"Saya disuruh jadi imam, ya sudah saya maju dan kebetulan ada Pak Gubernur Maluku Utara yang sedang salat jamak. Pas saya maju jadi imam, Pak Gubernur ini biasalah dengan ekspektasi negatif atau apa. Lalu pas saya baca surat Al-Fatihah beliau kagum dan mundur ke belakang duduk," kata Sofyan. Cerita soal Gubernur yang duduk memperhatikan dia terima setelah mereka berinteraksi usai salat.

Sang gubernur, yang sudah menunaikan salat jamak menginstruksikan kepada ajudan pribadinya untuk merekam video karena kagum dengan suara Sofyan saat melantunkan ayat suci Alquran. Video inilah yang akhirnya menjadi viral di media sosial.

"Pas di rakaat kedua, dia menyuruh ajudannya untuk merekam. Tapi kan kita nggak tahu," kata Sofyan.

Seusai salat, mereka berdua berkenalan, awalnya Abdul tak mengenal Sofyan yang berprofesi sebagai aktor. Kemudian, Sofyan diajak untuk bertemu empat mata dengan Abdul.

"Nah ajudannya bilang 'dia pemain film juga'. Lalu Pak Gubernur bilang 'ajak dia untuk bertemu saya langsung'. Itu ketemu di Bidakara nggak sengaja. Kebetulan saya ada meeting Asian Games, mungkin Pak Gubernurnya juga ada acara di situ. Baru pas selesai salat, kami ngobrol dan disuruh ke lantai 10," urai Sofyan.

Saat pertemuan itulah, Sofyan mengatakan Abdul meminta maaf kepadanya karena sempat memandang sebelah mata dari penampilan saja. Abdul pun memuji suara indah Sofyan saat melantunkan ayat suci Alquran.

"Ngobrol sepintas, beliau meminta maaf, mungkin karena penampilan saya seperti ini baca surat Al-Fatihah dan Al-Jumuah dan beliau kaget. Dia bilang ke ajudannya 'ini suaranya luar biasa'," tutupnya.

Silahkan simak videonya di sini!



(by/detik)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »