Survei Membuktikan, KPK dan Presiden RI Paling Dipercaya Rakyat dalam Pemberantasan Korupsi

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bersama pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Istana Negera dalam suatu kesempatan.

Survei Membuktikan, KPK dan Presiden RI Paling Dipercaya Rakyat dalam Pemberantasan Korupsi
BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah terpaan badai fitnah dari segala penjuru mata angin, ternyata rakyat memberikan kepercayaan penuh kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. Ini dibuktikan, hasil survei menunjukkan KPK dan Presiden RI adalah dua lembaga yang paling dipercaya rakyat Indonesia dalam upaya pembarantasan korupsi hingga pertengahan tahun 2017 ini.

Demikian diketahui dari hasil survei antikorupsi yang dilakukan Polling Center bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) pada April dan Mei 2017 di 34 provinsi, 177 kabupaten/kota, 212 desa/kelurahan dan melibatkan 2.235 responden.

Peneliti Polling Center, Heny Susilowati, Kamis, 20 Juli 2017 di Jakarta, mengatakan bahwa 86 persen responden menyatakan percaya kepada KPK dan Presiden sebagai lembaga yang berperan dalam pemberantasan korupsi. Sementara itu, partai politik (parpol), perusahaan swasta dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah lembaga yang paling tidak dipercaya rakyat. Dengan persentase berturut-turut, 35 persen, 49 persen dan 51 persen.

Heny menduga tingginya tingkat kepercayaan publik tersebut dikarenakan figur Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai bersih dan tegas terhadap perilaku korupsi. Demikian juga, upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK dianggap cukup berhasil.

"KPK dipercaya karena berhasil menjerat banyak pelaku korupsi, terutama pelaku korupsi kelas kakap. DPR, perusahaan swasta dan parpol mendapat kepercayaan rendah karena banyak pelaku korupsi berasal dari tiga institusi ini," ungkapnya.

Kemudian, masih dari hasil survei yang sama, pemerintah di tahun 2017 ini dinilai semakin serius dalam upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air. Terbukti, tingkat persentasenya meningkat dibandingkan tahun 2016.

Dengan persentase, 20 persen menyatakan upaya pemberantasan korupsi oleh pemerintah sangat serius, 49 serius, 21 persen mengatakan tidak serius, 3 persen sangat tidak serius dan 7 persen tidak tahu. Sedangkan, di tahun 2016, 10 persen sangat serius, 52 persen serius, 28 persen tidak serius, 3 persen sangat tidak serius, 7 persen mengatakan tidak tahu.

Tetapi, tak sejalan dengan meningkatnya kepercayaan publik terhadap upaya pemberantasan korupsi oleh KPK, DPR justru menggulirkan hak angket kepada KPK.

(by/bs)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Catatan BY Dunia Emzalmi-Desri Headline Hukrim Lifestyle Nusantara Opini Padang Pariwara Parlementaria Politik Ranah Minang Seleb Sport
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Survei Membuktikan, KPK dan Presiden RI Paling Dipercaya Rakyat dalam Pemberantasan Korupsi
Survei Membuktikan, KPK dan Presiden RI Paling Dipercaya Rakyat dalam Pemberantasan Korupsi
Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bersama pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Istana Negera dalam suatu kesempatan.
https://2.bp.blogspot.com/-5lp60BtfaFY/WXGVhmF_y6I/AAAAAAAAtDk/YCq9jtabCSIV-xE5szvKHH1cBhdxFthRACLcBGAs/s640/KPK.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5lp60BtfaFY/WXGVhmF_y6I/AAAAAAAAtDk/YCq9jtabCSIV-xE5szvKHH1cBhdxFthRACLcBGAs/s72-c/KPK.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/survei-membuktikan-kpk-dan-presiden-ri.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/survei-membuktikan-kpk-dan-presiden-ri.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy