Telegram Telah Memblokir Saluran Percakapan Berbau Terorisme yang Dilaporkan Kemenkominfo

Pemilik Telegram Pavel Durov.

Telegram Telah Memblokir Saluran Percakapan Berbau Terorisme yang Dilaporkan Kemenkominfo
BENTENGSUMBAR.COM - Layanan pengirim pesan Telegram akhirnya mengatakan bahwa mereka tengah menyiapkan berbagai langkah untuk menindaklanjuti permintaan pemerintah Indonesia, setelah akses layanannya diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Keputusan ini juga diambil setelah pihak Kemenkominfo mengatakan telah menghubungi Telegram berkali-kali, dan sang pemilik Pavel Durov tidak memberikan tanggapan.

Ditambah lagi, satu halaman Instagram miliknya mendapatkan sekitar 40 ribu komentar, dan mayoritas berasal dari warganet Indonesia, yang menyampaikan aspirasi terkait pemblokiran Telegram.

Durov sendiri mengakui bahwa ia tidak segera menanggapi permintaan dari Kemenkominfo pada saat itu. Ia tengah menyiapkan tim moderator yang paham akan kebudayaan Indonesia. Kebijakan ini diambil demi menghapus konten yang berhubungan dengan terorisme.

“Kami sedang membentuk tim moderator yang paham akan bahasa dan kebudayaan Indonesia, agar bisa memproses laporan konten yang berhubungan dengan terorisme lebih cepat dan lebih akurat,” kata Durov seperti yang dikutip dari Aljazeera.

Durov juga melanjutkan, mulai saat ini, Telegram telah memblokir langsung saluran percakapan berbau terorisme yang telah dilaporkan oleh pihak Kemenkominfo. Langkah pemerintah ini juga dinilai sebagai pencegahan orang-orang bergabung dengan gerakan berbau terorisme, terutama setelah muncul ancaman keamanan yang terjadi di kawanan Asia Tenggara.

Telegram sendiri merupakan layanan pengirim pesan seperti WhatsApp, yang muncul pada tahun 2013. Sistim enkripsi yang terpasang memungkinkan pihak luar tidak bisa mengakses percakapan, apalagi menyimpan data cadangannya. Sistim ini memungkinkan pengguna mengirim pesan, kemudian mengatur waktu penghapusannya sesuka hati, sehingga datanya juga tidak akan tersimpan di server.

(by/mtn)
Iklan Emzalmi-Desri

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Catatan BY Dunia Emzalmi-Desri Headline Hukrim Lifestyle Nusantara Opini Padang Pariwara Parlementaria Politik Ranah Minang Seleb Sport
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Telegram Telah Memblokir Saluran Percakapan Berbau Terorisme yang Dilaporkan Kemenkominfo
Telegram Telah Memblokir Saluran Percakapan Berbau Terorisme yang Dilaporkan Kemenkominfo
Pemilik Telegram Pavel Durov.
https://2.bp.blogspot.com/--VnLsl2KXsk/WWu4aioUHxI/AAAAAAAAs34/y7lLlOWZncY_fx-40m8tDywfBqLV4De2ACLcBGAs/s640/Telegram.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--VnLsl2KXsk/WWu4aioUHxI/AAAAAAAAs34/y7lLlOWZncY_fx-40m8tDywfBqLV4De2ACLcBGAs/s72-c/Telegram.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/telegram-telah-memblokir-saluran.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/telegram-telah-memblokir-saluran.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy