Akhirnya Malaysia Minta Maaf Soal Bendera Merah Putih Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017

Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin usai melakukan pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi, di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu, 20 Agustus 2017 siang.

Akhirnya Malaysia Minta Maaf Soal Bendera Merah Putih Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan kejadian kesalahan pemasan bendera Merah Putih pada buku Panduan SEA Games di Malaysia, yang dibuka secara resmi Sabtu, 19 Agustus 2017 malam. Untuk itu, Presiden menunggu permintaan maaf resmi dari Pemerintah Malaysia.

“Kita sangat menyesalkan kejadian seperti itu. Kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Program Strategi Nasional Se-Jabodetabek, di lapangan Park and Ride, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu, 20 Agustus 2017 pagi.

Presiden menegaskan, permintaan maaf Pemerintah Malaysia perlu dilakukan karena ini menyangkut sebuah kebanggaan nasionalisme dari Bangsa Indonesia.

“Tapi tidak usah dibesar-besarkanlah,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan kegeramannya atas keteledoran panitia dan Pemerintah Malaysia dalam memasang bendera Merah Putih dalam buku panduan SEA Games 2017.

“Pembukaan SEA Games 2017 yang bagus tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita….Merah Put..,” tulisa Imam dalam akun twitternya @imam_nahrawi, Sabtu (19/8) petang.

Pemerintah Malaysia akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terkait tragedi terbaliknya warna bendera Indonesia pada majalah souvenir spesial di pembukaan SEA Games 2017.

Permintaan maaf itu disampaikan melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawian di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu, 20 Agustus 2017 siang. 

Pertemuan itu dilakukan Khairy terkait dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam percetakan buku cendera mata yang diedarkan ke tamu kehormatan, Sabtu, 19 Agustus 2017 malam.  Dalam percetakan buku itu ada kesalahan besar percetakan bendera Indonesia yang dicetak terbalik.

“Ini suatu kesalahan yang besar, dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada pak Imam selaku Menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia,” kata Khairy.

Menteri Belia dan Sukan Malaysia itu menegaskan, kasus kesalahan cetak bendera Merah Putih ini tidak disengaja, tetapi lebih karena kelalalaian yang besar hingga merusak image Indonesia.

“Untuk makluman saya telah memerintahkan supaya semua buku tak diedarkan lagi, dan satu percetakan baru dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan,” tambah Khairy.

Permohonan maaf resmi, lanjut Khairy, akan dikeluarkan dari kerajaan Malaysia, termasuk permohonan resmi dirinya kepada Menpora Imam Nahrawi secara lisan dan tertulis.

“Atas semangat setia kawan dan serumpun, permohonan maaf dapat dipertimbangkan oleh masyarakat dan kita bisa terus membina hubungan yang baik antar kedua negara, dan tanggung jawab kita memastikan selama Sea Games kita bisa mempererat silaturahmi dan persahabatan Malaysia dan Indonesia,” ucap Khairy.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan, Menteri Belia dan Sukan Malaysia itu adalah sahabat dekat dirinya, dan selama ini selalu kuat mempererat hubungan kita sesama negara serumpun.

“Kita memaklumi momentum SEA Games sebagai wadah mengokohkan persahabatan antar negara-negara Asean,” kata Menpora.

Ia memaklumi apa yang disampaikan Khairy, dan akan menyampaikannya ke Presiden Joko Widodo.

“Saya berharap hal ini tak terulang karena apapun bendera adalah simbol negara yang harus dihormati dan Sea Games adalah perhelatan yang dijunjung tinggi bersama,” tegas Menpora seraya berharap, ini harus dijadikan pelajaran penting agar dimasa mendatang tak berulang.

“Kita ingin beri yang terbaik, hati harus lapang dan luas apalagi dalam mengukuhkan persahabatan kita,” sambung Imam.

Secara pribadi Imam mengaku akan memaklumi tetapi sebagai negara dirinya akan menyampaikan apa yang disampaikan Menteri Belia dan Sukan Malaysia itu kepada kami kepada Presiden.

“Merah putih sebagai simbol Indonesia harus segera diperbaiki, bahkan media juga dicetak engan dicetak yang sama, semoga tak mengubah sedikitpun persaudaraan Malaysia dan Indonesia,” pungkas Imam.

(by/setkab)

COMMENTS

BLOGGER

$show=home$hide=mobile

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Catatan BY Celebrity Dunia Ekonomi Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Puisi dan Sastra Ranah Bingkuang Ranah Minang Warta Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Akhirnya Malaysia Minta Maaf Soal Bendera Merah Putih Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017
Akhirnya Malaysia Minta Maaf Soal Bendera Merah Putih Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017
Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin usai melakukan pertemuan dengan Menpora Imam Nahrawi, di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu, 20 Agustus 2017 siang.
https://3.bp.blogspot.com/-xMFyev5_ynQ/WZmgOqt9f4I/AAAAAAAAuTk/7bC3AsNI3SQuqEMhoAp8zYdw0vL_kfvFwCLcBGAs/s640/Malaysia.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-xMFyev5_ynQ/WZmgOqt9f4I/AAAAAAAAuTk/7bC3AsNI3SQuqEMhoAp8zYdw0vL_kfvFwCLcBGAs/s72-c/Malaysia.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/akhirnya-malaysia-minta-maaf-soal.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/akhirnya-malaysia-minta-maaf-soal.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy