Literasi Semakin “Membumi” di Padangpanjang

Muhammad Subhan, Koordinator Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang.

Literasi Semakin “Membumi” di Padangpanjang
BENTENGSUMBAR.COM - Gelora gerakan literasi semakin “membumi” di Kota Serambi Mekah Padangpanjang, Sumatra Barat. Kota kecil di kaki Gunung Marapi dan Singgalang itu pun bertekad menjadi Kota Literasi.

“Kami berbahagia sebab gerakan literasi ini masif dan didukung Pemerintah Kota Padangpanjang,” kata Muhammad Subhan, Koordinator Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang, Selasa, 1 Agustus 2017, di Perpustakaan Daerah Kota Padangpanjang.

Upaya mencapai tujuan itu, FPL bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang gencar membawa buku sedekat mungkin ke masyarakat, salah satunya melalui Lapak Baca.

Ahad (31/7) lalu, ungkap Muhammad Subhan, Lapak Baca FPL bersama Perpustakaan Daerah Padangpanjang dibentang di Taman Bermain Anak Desa Baru, Tanah Hitam, Padangpanjang. Ratusan anak dan remaja meramaikan Lapak Baca itu sekaligus menyuguhkan sejumlah penampilan, di antaranya baca puisi, bernyanyi dan bercerita.

Pekan-pekan sebelumnya, Lapak Baca juga digelar di sejumlah titik strategis lainnya di kota itu, seperti di Taman Mini yang saat ini telah difasilitasi WIFI Gratis, Lapangan Kuda Bancahlaweh, Situs Bersejarah Rumah Gadang Baanjuang Bukiksurungan dan Stasiun Kereta Api Padangpanjang.

“Antusias anak-anak dan remaja yang meramaikan lapak baca itu sangat luar biasa sekali. Pekan berikutnya Lapak Baca kami bentang lagi di Kelurahan Pasar Usang,” kata Muhammad Subhan yang tahun ini terpilih sebagai Penulis Emerging Indonesia untuk Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) di Bali dan peserta Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia (Munsi) II di Jakarta.

Tidak hanya Lapak Baca, sejumlah kegiatan literasi FPL bersama Perpustakaan Daerah Padangpanjang terus berjalan, di antaranya Program Wakaf Buku. Di kota yang dikenal sebagai Kota Pendidikan itu, setiap warga dianjurkan mewakafkan minimal satu buku.

“Minat warga Padangpanjang mewakafkan buku untuk gerakan ini juga cukup tinggi. Selalu ada warga yang datang mewakafkan buku,” kata Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang, Alvi Sena, S.T., M.T., yang ikut terjun ke lapangan bersama FPL menggelorakan literasi di Padangpanjang.

Tidak hanya warga, sejumlah instansi pemerintah dan swasta di Padangpanjang juga ikut mewakafkan buku. Kepala dinas bersama jajaran staf ikut beramai-ramai menyumbangkan buku mereka, baik baru maupun bekas.

Buku-buku wakaf itu dikumpulkan di satu titik, yaitu di Perpustakaan Daerah Kota Padangpanjang. “Buku-buku itu kami sortir untuk kemudian kami salurkan kembali ke masyarakat,” tambah Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang, Joni Aldo.

Selain Lapak Baca dan Wakaf Buku, sejumlah kegiatan literasi yang telah dihelat di antaranya Bedah Novel, Pelatihan Kepenulisan kerjasama Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat, Kelas Bercerita (Mendongeng) dan Menulis, termasuk menyalurkan buku ke rumah-rumah warga kurang mampu.

“Saat ini kami juga sedang berupaya meminta pemerintah kota mengeluarkan regulasi agar setiap siswa masuk dan tamat sekolah menyumbangkan buku. Jika ini dilakukan, Padangpanjang benar-benar akan kebanjiran buku,” tambah Muhammad Subhan yang juga pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

Dia juga berharap di setiap persimpangan jalan utama Kota Padangpanjang dapat dipasang baliho besar dengan pesan-pesan ajakan wakaf buku dan membaca buku. Baliho itu menjadi media ampuh untuk mengajak masyarakat bersama-sama menggelorakan gerakan literasi sehingga semakin membumi. 

(*rillis)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Literasi Semakin “Membumi” di Padangpanjang
Literasi Semakin “Membumi” di Padangpanjang
Muhammad Subhan, Koordinator Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang.
https://1.bp.blogspot.com/-zU0Gs7cmGOI/WYDA_iGnJXI/AAAAAAAAtl8/FbolDBYn0ScrX3crqZaOp2k_JSZVWVMvgCLcBGAs/s640/Muhammad%2BSubhan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zU0Gs7cmGOI/WYDA_iGnJXI/AAAAAAAAtl8/FbolDBYn0ScrX3crqZaOp2k_JSZVWVMvgCLcBGAs/s72-c/Muhammad%2BSubhan.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/literasi-semakin-membumi-di.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/literasi-semakin-membumi-di.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy