Pengelolaan APBD Harus Transparan, Akuntabel dan Partisipatif

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel, saat Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018 di salah satu hotel di Kota Padang, Kamis, 3 Agustus 2017.

Pengelolaan APBD Harus Transparan, Akuntabel dan Partisipatif
BENTENGSUMBAR.COM - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan instrument penting dalam menggerakkan perekonomian daerah maupun nasional. Maka, perlu penyelarasan antara kebijakan daerah dengan kebijakan pembangunan nasional. Sehingga terjadi sinergitas dan sinkronisasi antara perekonomian daerah dan nasional.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel, saat Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018 di salah satu hotel di Kota Padang, Kamis, 3 Agustus 2017. Acara tersebut diikuti anggota DPRD Kota Padang, Kepala SKPD, dan pejabat pengelola perencanaan dan penyusunan anggaran di lingkungan Pemko Padang.

Dijelaskan Asnel, APBD yang dikelola cukup besar, sehingga dibutuhkan sistem pengendalian internal yang memadai dan handal. Dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran sampai tahap pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

“Jadi, pengelolaan APBD harus transparan, akuntabel dan partisipatif,” ujar Asnel. “Untuk itu, peran Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemko Padang sangat berpengaruh terhadap kinerja pengelolaan keuangan daerah,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini Pemko Padang sedang membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2018 dengan DPRD Kota Padang. Dengan adanya Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 ini, diharapkan seluruh tahapan, jadwal dan proses penyusunan, pembahasan dan penetapan APBD tahun 2018 bisa berjalan dengan baik.

“Dalam pembahasan penyusunan anggaran kita harus memperhatikan prioritas pembangunan daerah dan kemampuan keuangan daerah, dan menghindari kongkalingkong atau yang berbau KKN,” tutur Asnel.

Ditambahkannya, penusunan APBD berpedoman pada KUA-PPAS, KUA-PPAS berpedoman pada RKPD tahun 2018 dan prioritas pembangunan nasional serta RKP tahun 2018, dan secara substansial APBD tetap diorientasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat yang bersifat inklusif. Serta, mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran dengan penuh integritas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, yang menyusun langsung Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018.

“Untuk Kepala SKPD atau yang mewakili agar dapat memanfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak ada alasan lagi untuk melakukan konsultasi dan koordinasi tentang hal ini ke Kemendagri,” kata Asnel. 

(LL/Fsl)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Pengelolaan APBD Harus Transparan, Akuntabel dan Partisipatif
Pengelolaan APBD Harus Transparan, Akuntabel dan Partisipatif
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel, saat Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018 di salah satu hotel di Kota Padang, Kamis, 3 Agustus 2017.
https://4.bp.blogspot.com/-jyaqFTR8NQc/WYNsMLkkqJI/AAAAAAAAtqw/zCvSwEU-5z0kAg1l6mZDQm5oyMIsSv11gCLcBGAs/s640/Asnel.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-jyaqFTR8NQc/WYNsMLkkqJI/AAAAAAAAtqw/zCvSwEU-5z0kAg1l6mZDQm5oyMIsSv11gCLcBGAs/s72-c/Asnel.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/pengelolaan-apbd-harus-transparan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/pengelolaan-apbd-harus-transparan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy