Polisi Akan Panggil Semua Pihak yang Diduga Terlibat Sindikat Saracen

Sindikat Saracen dicokok polisi. Mereka diduga kerap menyebar informasi berbau SARA dan Hoax di Media Sosial.

Polisi Akan Panggil Semua Pihak yang Diduga Terlibat Sindikat Saracen
BENTENGSUMBAR.COM - Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Sulistyo Pudjo Hartono mengaku pihaknya berlaku berhati-hati dalam mengungkap kasus kelompok Saracen.

Saracen adalah sindikat (jaringan) yang menyebar konten kebohongan (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech) di media sosial.

"Kita berusaha untuk tidak gegabah menunjuk siapa-siapa yang ada dalam file yang kita punya. Karena ini kita mengedepankan asas praduga tak bersalah," kata Pudjo dalam diskusi bertajuk 'Saracen dan Wajah Medsos Kita' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 Agustus 2017.

Untuk itu, ia mengatakan penyidik akan memanggil semua pihak yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Mereka termasuk orang-orang yang dikatakan sebagai Dewan Penasihat atau Dewan Pembina Saracen. 

"Kepada orang-orang yang disebutkan dalam jaringan tersebut, apakah pembina atau penasihat dan lain-lain, tentu saja akan kita panggil untuk dicocokkan, apakah benar posisi beliau-beliau atau orang-orang yang disebutkan tersebut sesuai dengan yang ada dalam jaringan itu," tegas Pudjo.

Pudjo juga mengaku pihaknya sudah memegang daftar nama-nama yang diduga terlibat dalam kelompok Saracen.

"Tentu saja nama itu kan ada. Bahkan sebagian sudah beredar dalam media sosial dan itu tentu saja kita tidak bisa langsung, kita harus cek kepada para pelaku maupun kepada orang-orang tersebut yang ada dalam info digital tersebut. Akan kita mintai keterangan," tegasnya.

Beredar, salah satu pihak yang masuk dalam daftar struktur organisasi Saracen, dalam Dewan Pembina adalah pengacara senior, Eggy Sudjana. Ketua sindikat Saracen Cyber Team yang bernama JAS (Jasriyadi) sendiri membantah keterlibatan Eggy Sudjana.

(by/rmol)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Polisi Akan Panggil Semua Pihak yang Diduga Terlibat Sindikat Saracen
Polisi Akan Panggil Semua Pihak yang Diduga Terlibat Sindikat Saracen
Sindikat Saracen dicokok polisi. Mereka diduga kerap menyebar informasi berbau SARA dan Hoax di Media Sosial.
https://3.bp.blogspot.com/-g4P21QRj5XE/WaG9H29wbEI/AAAAAAAAufM/G7uBCE8_SVgDccsTgGHVSIEfTjJ83Ts0QCLcBGAs/s640/Seracen.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-g4P21QRj5XE/WaG9H29wbEI/AAAAAAAAufM/G7uBCE8_SVgDccsTgGHVSIEfTjJ83Ts0QCLcBGAs/s72-c/Seracen.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/polisi-akan-panggil-semua-pihak-yang.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/polisi-akan-panggil-semua-pihak-yang.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy