Ternyata Orang Pintar Lebih Mudah Berprasangka

Para peneliti pun meyakinkan bahwa orang-orang pintar lebih terbuka menerima informasi.

Ternyata Orang Pintar Lebih Mudah Berprasangka
BENTENGSUMBAR.COM - Para peneliti dari New York University memberikan serangkaian tes kepada 271 peserta. Salah satu tesnya adalah terkait bentuk hidung seorang pria dan tingkat keramahannya. Mereka diperlihatkan enam gambar pria yang dibuat oleh komputer dengan bentuk hidung beragam.

Rupanya, 80 persen peserta meyakini bahwa pria yang mempunyai jembatan hidung kecil dianggap bersahabat. Sebaliknya, jembatan hidung lebar dikaitkan dengan sikap tak ramah. Menurut para peserta, mereka sudah terlebih dulu mempelajari stereotip tentang keramahan dan kemudian menggunakannya untuk menghakimi foto pria-pria baru tersebut.

Dr. David Lick, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi ini, mengatakan bahwa,"Orang-orang yang memiliki kemampuan mendeteksi pola lebih baik justru berisiko tinggi untuk mempercayai dan menggunakan stereotip tentang kelompok-kelompok sosial."

Pasalnya, kemampuan tersebut rupanya menjadi elemen fundamental dari seseorang dengan tingkat kepintaran tinggi. "Sebabnya deteksi pola adalah komponen inti dan kepintaran manusia, orang-orang dengan kemampuan kognitif superior bisa jadi handal dalam mempelajari dan menggunakan stereotip terhadap kelompok sosial," tambahnya.

Menurut studi itu, stereotip adalah generalisasi tentang perilaku kelompok sosial yang diaplikasikan terhadap individu di dalam kelompok tersebut. Tentu saja mengejutkan bila orang-orang yang memiliki intelejensia di atas rata-rata, justru lebih mudah terperangkap dalam generalisasi tersebut.

Meski demikian, studi tersebut juga menyatakan bahwa mereka juga lebih mudah mengubah prasangka itu. "Kabar baiknya adalah kami juga menemukan bahwa individu-individu ini lebih baik dalam menghilangkan stereotip ketika diberikan pola-pola baru yang menantang asosiasi stereotip mereka," jelas Dr. Jonathan Freeman, salah satu peneliti.

Para peneliti pun meyakinkan bahwa orang-orang pintar lebih terbuka menerima informasi. "Yang menjanjikan dari penemuan kami adalah orang-orang dengan kemampuan kognitif tinggi cenderung siap memperbarui stereotip mereka ketika dikonfrontasi dengan informasi baru."

(by/idntimes)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Ternyata Orang Pintar Lebih Mudah Berprasangka
Ternyata Orang Pintar Lebih Mudah Berprasangka
Para peneliti pun meyakinkan bahwa orang-orang pintar lebih terbuka menerima informasi.
https://1.bp.blogspot.com/-TkDmvkAMWw8/WYSxcBxqNyI/AAAAAAAAtt4/Wsvn9hrUXNIiA7VuSsEGVXNQ88eFq3qFQCLcBGAs/s640/Cewek%2BPintar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TkDmvkAMWw8/WYSxcBxqNyI/AAAAAAAAtt4/Wsvn9hrUXNIiA7VuSsEGVXNQ88eFq3qFQCLcBGAs/s72-c/Cewek%2BPintar.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/ternyata-orang-pintar-lebih-mudah.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/ternyata-orang-pintar-lebih-mudah.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy