Usut Jaringan Saracen Sampai Tuntas, Polisi Fokus Pada 2 Kelompok Ini

Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, kelompok jaringan sindikat Saracen mempunyai 3 kelompok.

Usut Jaringan Saracen Sampai Tuntas, Polisi Fokus Pada 2 Kelompok Ini
BENTENGSUMBAR.COM - Masing-masing kelompok pada jariangan sindikat Saracen ternyata memiliki perannya masing-masing. Setidaknya, ada tiga kelompok pada jaringan yang memproduksi konten ujaran kebencian tersebut.

Kabagpenum Divhumas Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, kelompok jaringan ujaran kebencian dan Konten SARA Saracen mempunyai tiga kategori atau kelompok. 

Dari masing-masing itu mempunyai peran masing-masing.

"Pertama ada kelompok inti yang terdiri dari sekitar 22 orang," kata Martinus, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2017.

Lalu, kelompok yang kedua itu berisi ada 11 orang yang bertugas untuk memproduksi, memuat konten, memberikan data taget sasaran, dan menargetkan sosial media mana yang akan disebar.

"Kemudian ada kelompok pendukung, ini sekitar 11 orang. Mereka yang mendistribusikan. Mereka memang saling terkait dan memang bersama mereka yang memutuskan akan didistribusikan ke mana, upload ke mana, posting ke mana. Ini mereka yang kerja," ujarnya.

Lebih lanjut, Martinus menjelaskan bahwa untuk kelompok yang terakhir itu adalah kelompok followers atau pengikut. Karena siapa saja bisa menjadi bagian dari kelompok yang bertugas meneruskan informasi yang sudah diproduksi dan didistribusikan oleh dua kelompok lainnya.

"Siapa saja anggotanya? Bisa saja kita. Karena (akun) kita kemudian dihack, dibajak, dan dia masuk ke situ dan dia meneruskan (beritanya) dalam grup. Atau kita yang menerima dalam medsos kita menerima meme atau berita hoax kemudian kita sebarkan," jelasnya.

Martinus menyebut bahwa pihaknya sudah mengantongi nama serta jumlah dari dua kelompok itu. Dan dirinya akan fokus terhadap kedua kelompok itu dan bukan ke kelompok followers.

"Tentu dalam hal ini, kita akan lakukan prosesnya, kita harus cermati, dan bagaimana dia produksi, mendapatkan kontennya, bagaimana mereka mendistribusikannya, ini yang dicari oleh penyidik," pungkasnya.

(by/ma)

COMMENTS

BLOGGER

$show=home$hide=mobile

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Catatan BY Celebrity Dunia Ekonomi Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Warta Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Usut Jaringan Saracen Sampai Tuntas, Polisi Fokus Pada 2 Kelompok Ini
Usut Jaringan Saracen Sampai Tuntas, Polisi Fokus Pada 2 Kelompok Ini
Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, kelompok jaringan sindikat Saracen mempunyai 3 kelompok.
https://1.bp.blogspot.com/-WP1orDEKG_E/WabkWEs9TvI/AAAAAAAAuqA/zXzTSXznylMEod98vUx6EkP5aABgsoObgCLcBGAs/s640/Martinus%2BSitompul.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WP1orDEKG_E/WabkWEs9TvI/AAAAAAAAuqA/zXzTSXznylMEod98vUx6EkP5aABgsoObgCLcBGAs/s72-c/Martinus%2BSitompul.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/usut-jaringan-saracen-sampai-tuntas.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/usut-jaringan-saracen-sampai-tuntas.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy