Waduh, Warga Bersitegang dengan Pesantren Karena Umbul-umbul Merah Putih Dibakar

Polisi bersenjata lengkap masih berjaga di depan gerbang pedantren untuk mengantisipasi adanya massa yang datang kembali ke pesantren.

Waduh, Warga Bersitegang dengan Pesantren Karena Umbul-umbul Merah Putih Dibakar
BENTENGSUMBAR.COM - Sebuah pesantren yang berlokasi di Desa Sukajaya, Tamansari, Kabupaten Bogor, didatangi ratusan warga karena oknum pesantren diduga membakar umbul-umbul merah putih yang dipasang warga di gerbang pesantren. Dua orang pihak pesantren diamankan untuk dimintai keterangan. 

"Ada dua orang yang dibawa, pengajar pesantren sama penjaga yang semalam tugas. Tadi bawa pakai baracuda ke Polsek," kata Kepala Desa (Kades) Sukajaya, Wahyu yang ditemui di Pesantren Ibnu Masud, Kamis, 17 Agustus 2017.

Wahyu mengatakan peristiwa hari ini diduga merupakan puncak kemarahan warga terhadap sikap pihak pesantren. Menurutnya, ada banyak hal dari pesantren itu yang bertentangan dengan warga. 

"Sebenarnya kalau soal gotong royong, orang pesantren selalu ikut. Tapi kemarin ketika diminta memasang bendera dan umbul-umbul merah putih dan ikut upacara peringatan HUT RI, mereka menolak. Iya mereka menolak pasang bendera," kata Wahyu.

Informasi dihimpun, umbul-umbul merah putih tersebut terlihat terbakar oleh warga yang tengah berbincang di pangkalan ojek yang berjarak hanya sekitar 200 meter dari gerbang pesantren pada Rabu (16/8/2017) malam sekitar pukul 20.40 WIB. Warga yang melihat hal tersebut langsung berteriak memanggil warga lainnya. Malam itu, beberapa warga sempat terlibat adu mulut dengan pengurus pesantren karena orang yang diduga membakar umbul-umbul merah putih adalah orang yang berasal dari dalam pesantren.

"Semalam warga sudah ramai, itu karena ada isu bendera dibakar. Tapi sekali lagi yang dibakar itu umbul-umbul, bukan bendera, umbul-umbul merah putih yang dipasang warga. Makanya warga marah," kata Wahyu yang ditemui di lokasi. "Semalam petugas polisi, TNI sudah datang, amankan, redam warga," sambungnya.

Warga yang tidak terima dengan pembakaran umbul-umbul merah putih yang mereka pasang kemudian kembali mendatangi pesantren. Beruntung, ratusan polisi sudah bersiaga sehingga tidak terjadi tindakan anarkis. Warga hanya berteriak di depan gerbang pesantren. 

"Tadi dilakukan mediasi. Perwakilan warga dan aparat polisi sudah bertemu dengan pihak pesantren. Hasilnya, pesantren ditutup," kata Wahyu.

Pantauan detikcom pukul 16.00 WIB, puluhan anggota Polres Bogor masih berada di lokasi. Polisi bersenjata lengkap masih berjaga di depan gerbang pedantren untuk mengantisipasi adanya massa yang datang kembali ke pesantren. 

(malin/dtc)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Waduh, Warga Bersitegang dengan Pesantren Karena Umbul-umbul Merah Putih Dibakar
Waduh, Warga Bersitegang dengan Pesantren Karena Umbul-umbul Merah Putih Dibakar
Polisi bersenjata lengkap masih berjaga di depan gerbang pedantren untuk mengantisipasi adanya massa yang datang kembali ke pesantren.
https://3.bp.blogspot.com/-VIhVWBkT4oM/WZWtWSytuCI/AAAAAAAAuMw/sNIJ7zFM_JgPqIzMuZOTYdaf3K18lOILgCLcBGAs/s640/Pesantren.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-VIhVWBkT4oM/WZWtWSytuCI/AAAAAAAAuMw/sNIJ7zFM_JgPqIzMuZOTYdaf3K18lOILgCLcBGAs/s72-c/Pesantren.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/waduh-warga-bersitegang-dengan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/waduh-warga-bersitegang-dengan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy