Wow! Presiden Jokowi Siapkan Rp 19 T untuk Subsidi Tiket LRT Jabodebek

Presiden Jokowi didampingi Ahok ketika masih menjabat Gubernur DKI Jakarta memantau Kemajuan Proyek MRT – LRT Jabodebek.

Wow! Presiden Jokowi Siapkan Rp 19 T untuk Subsidi Tiket LRT Jabodebek
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah kemungkinan akan mensubsidi harga tiket kereta LRT selama 12 tahun. Dana yang diperlukan untuk mensubsidi harga tiket selama 12 tahun tersebut diperkirakan mencapai Rp 19 triliun.

Hal tersebut menurutnya dengan asumsi terjadinya kenaikan jumlah penumpang setiap tahunnya. Adapun harga tiket LRT Jabodebek diperkirakan akan dipatok di angka Rp 12 ribu pada tahun pertamanya beroperasi. 

"Jadi kita akan buat satu perjanjian dengan PT KAI, bahwa subsidi Rp 19 triliun selama 12 tahun dengan asumsi tertentu kenaikan tarif 5% per tahun," katanya saat ditemui di lokasi LRT rute Cibubur-Cawang, Jakarta, Jumat, 4 Agustus 2017.

Adapun harga tiket yang disubsidi menyusul kompensasi yang diberikan pemerintah kepada KAI selaku investor yang telah menanggung beban bunga perbankan untuk pembangunan LRT di awal. 

KAI sendiri akan membiayai pembangunan LRT melalui pinjaman sindikasi dari 5 perbankan sebesar Rp 18-19 triliun dengan bunga 8,25%. Jumlah penumpang diperkirakan akan mencapai 260 ribu per hari dan akan terus naik hingga 400 ribu penumpang per hari selama 12 tahun.

Namun demikian, dengan jumlah penumpang yang diasumsikan bakal naik hingga 400 ribu orang, maka dengan asumsi tarif Rp 12 ribu di awal, dan ada kenaikan tarif lebih besar dari 5% per tahun, maka jumlah subsidi yang diberikan pemerintah bisa saja berkurang mengacu kepada bertambahnya pendapatan yang dihasilkan oleh KAI.

"Jadi apabila penumpang naik dan jumlah pertumbuhan bisa dinaikkan, subsidi bisa kurang. Kalau bisa kurang, uang bisa digunakan untuk membangun LRT di Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan lainnya," tukas Budi.

(by/dtc)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Dunia Ekonomi Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Warta Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wow! Presiden Jokowi Siapkan Rp 19 T untuk Subsidi Tiket LRT Jabodebek
Wow! Presiden Jokowi Siapkan Rp 19 T untuk Subsidi Tiket LRT Jabodebek
Presiden Jokowi didampingi Ahok ketika masih menjabat Gubernur DKI Jakarta memantau Kemajuan Proyek MRT – LRT Jabodebek.
https://3.bp.blogspot.com/-V86maf30JhE/WYSQjz7VicI/AAAAAAAAtrw/jcCu0xu1TCM5tqsafPi48LhVvOqQxVtMACLcBGAs/s640/Jokowi%2Bdan%2BAhok.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-V86maf30JhE/WYSQjz7VicI/AAAAAAAAtrw/jcCu0xu1TCM5tqsafPi48LhVvOqQxVtMACLcBGAs/s72-c/Jokowi%2Bdan%2BAhok.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/wow-presiden-jokowi-siapkan-rp-19-t.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/08/wow-presiden-jokowi-siapkan-rp-19-t.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy