Kemenkominfo Akan Berkoordinasi dengan Polisi, Ini Kata Jonru Soal Permintaan Pemblokiran Akunnya

Kemenkominfo Akan Berkoordinasi dengan Polisi, Ini Kata Jonru Soal Permintaan Pemblokiran Akunnya
BENTENGSUMBAR.COM - Tidak hanya melaporkan ke polisi, Muannas Al Aidid juga meminta akun media sosial Jonru Ginting diblokir. Kemenkominfo menyatakan akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait permintaan blokir itu.

"Kalau berkenaan dengan SARA, hate speach, selama ini kita kolaborasi atau koordinasi bersama instansi terkait seperti kepolisian," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Noor Iza, sebagaimana dilansir detikcom, Jumat, 1 September 2017 malam.

Iza mengatakan, pemblokiran akun atau situs di internet memiliki prosedur. Pihaknya bisa langsung memblokir jika kontennya bermuatan pornografi atau asusila. Namun, untuk konten yang bernuansa SARA dan hate speech perlu koordinasi dengan lembaga terkait.

"Karena hal ini kan dimungkinkan juga di UU ITE (untuk diblokir), tapi dalam pelaksanaannya kita harus koordinasi juga. Kalau memang menimbulkan misal ada hate speech, SARA, timbulkan gejolak di warga, kita kordinasi dengan cepat," ujarnya.

Muannas Al Aidid melaporkan pemilik akun media sosial Jonru Ginting ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Muannas juga ingin akun yang dilaporkannya itu diblokir.

"Harus diproses, pemerintah juga berkewajiban kan memerangi hoax? Melalui Menkominfo, akun ini juga sebaiknya diblokir, makanya kita lapor," ujar Muannas, Jumat, 1 September 2017. 

Sadar semua akunnya bakal diblokir, Jonru Ginting membuat pemberitahuan di halaman resminya di facebook, Sabtu, 2 September 2017. Berikut pemberitahuan Jonru di halaman tersebut:

"Teman-teman Sekalian,
Saya tidak tahu pasti. Tapi segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Jika MISALNYA fan page Jonru ini tiba-tiba diblokir oleh pemerintah, maka mohon bantuannya untuk TIDAK MUDAH percaya pada akun manapun yang mengaku-ngaku sebagai Jonru.


Sebab berdasarkan pengalaman, dulu saya pernah menonaktifkan fan page ini untuk sementara. Dan hanya beberapa menit setelah itu, muncul fan page yang pakai nama saya dan mengaku-ngaku sebagai Jonru yang asli.


Fan page pribadi saya hanya satu ini, tak ada yang lain.


Dan nanti ANDAI fan page ini diblokir oleh pemerintah, maka PASTIKAN teman-teman hanya mendapat info mengenai saya dari Channel Resmi saya di Telegram, yakni @jonruginting.


Pastikan hanya dari situ.


Dan saran saya: Bagi teman-teman yang belum instal app Telegram, segera instal dan join dengan channel @JonruGinting. Untuk jaga-jaga.


Terima Kasih"


(by/detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »