SIP Sakato Untuk Menghindari Terjadinya Pungli

Pembukaan acara lonching Apalikasi Online SIP Sakato di Padang, Kamis, 31 Agustus 2017.

SIP Sakato Untuk Menghindari Terjadinya Pungli
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sumatera Barat, Maswar Dedi mengatakan, hadirnya layanan perizinan online Sistem Informasi Perizinan (SIP) Sakato merupakan salah satu langkah mewujudkan kemudahan yang dapat mempersingkat waktu masyarakat pengurusan perizinan mulai dari permohonan sampai tahap terbitnya izin tersebut. 

"Selain tidak merepotkan masyarakat yang bolak balik kekantor, juga dapat menghindari terjadinya pungkutan liar yang merusak pelayanan perizinan tersebut," ungkapnya pada pembukaan acara lonching Apalikasi Online SIP Sakato di Padang, Kamis, 31 Agustus 2017. 

Maswar Dedi juga menyampaikan, aplikasi sistem informasi perizinan (SIP) Sakato berbasis GIS ( Geografic Information System) dalam penyelenggaraan perizinan dan non perizinan di DPM dan PTSP Provinsi Sumatera Barat, merupakan sistem informasi tentang perizinan yang selama ini dilakukan secara manual. 

Ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut rencana aksi Program Pemberantasan Korupsi dari Tim koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). 

Selain itu SIP Sakato juga bertujuan untuk pertama, memudahkan masyarakat untuk mengajukan permohonan perizinan melalui pendaftaran online. Kedua masyarakat dapat memantau progres perizinan yang dimohonkan melalui tracking yang dapat pada aplikasi. 

Ketiga SIP Sakato juga memiliki aplikasi pengaduan berkaitan dengan permasalahan dalam proses perizinan di DPM-PTSP.  Dan ini sesuai dengan rekomendasi KPK dikembangkan aplikasi berbasis GIS, sehingga masyarakat dapat melihat posisi lokasi permohonan secara spasial khusus izin yang berkaitan dengan sektor ESDM dan kehutanan, sehingga menghindari terjadinya tumpang tindih, ungkap Maswar Dedi. 

Maswar Dedi juga menyatakan, dengan telah diterbitkannya Keputusan Gubenur Sumatera Barat Nomor : 570-422-2017 tentang Pendelegasian Kewenangan Penyelenggaraan Pelayanan dan Penandatanganan Jenis Perizinan dan Non Perizinan, terjadi perubahan jumlah perizinan dan non perizinan yang sebelumnya 170 perizinan dan non perizinan terdiri dari 15 sektor, 141 perizinan dan 29 non perizinan menjadi 247 perizinan dan non perizinan dengan rincinan 18 sektor, 163 perizinan dan non perizinan. 

Adapun sektor yang bertambah itu, sektor peternakan dan kesehatan hewan, sosial dan koperasi - UKM. 

sebagai informasi pertengahan bulan Agustus 2017 ini, pemprov telah menerbitkan 938 jenis perizinan dan non perizinan jauh melebihi target yang ditetapkan  tahun 2017 yakni 700 jenis perizinan dan non perizinan, terjadi peningkatan signifikan, ungkapnya 

Dedi juga menambahkan berbicara perizinan tidak terlepas juga dengan pelaksanaan target investasi pada tahun 2017 sebesar Rp. 6,5 Triliun, dimana sampai saat ini baru terealisasi sampai Juni 2017 sebesar Rp. 973 Miliyar (PMA dan PMDN). 

"Kita berharap dengan kemudahan dalam perizinan salah satunya melalui aplikasi SIP Sakato, target investasi dapat tercapai," harapnya. 

(Zardi)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: SIP Sakato Untuk Menghindari Terjadinya Pungli
SIP Sakato Untuk Menghindari Terjadinya Pungli
Pembukaan acara lonching Apalikasi Online SIP Sakato di Padang, Kamis, 31 Agustus 2017.
https://1.bp.blogspot.com/-oqgV6jmYCgE/Wahkrt14eyI/AAAAAAAAutw/1HDJwcxrJ8smweECZeQaZqWQqgcIigyKgCLcBGAs/s640/SIP%2BSakato.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oqgV6jmYCgE/Wahkrt14eyI/AAAAAAAAutw/1HDJwcxrJ8smweECZeQaZqWQqgcIigyKgCLcBGAs/s72-c/SIP%2BSakato.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/sip-sakato-untuk-menghindari-terjadinya.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/sip-sakato-untuk-menghindari-terjadinya.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy