Tampar "Muka" Amien Rais, Ketum PAN Setuju Remake Film G30S/PKI

Wacana Presiden Jokowi membuat ulang film G30S/PKI dikritik keras oleh politikus senior PAN Amien Rais.

Tampar "Muka" Amien Rais, Ketum PAN Setuju Remake Film G30S/PKI
BENTENGSUMBAR.COM - Ide Presiden Joko Widodo agar film G30S/PKI diproduksi ulang terus dijadikan alat untuk mengecam pemerintah oleh sebagian pihak. Bahkan, ada tokoh nasional yang menuding pemerintahan Presiden Jokowi memberi angin segar atas kebangkitan PKI.  

Menko Polhukam Wiranto bahkan mengatakan, anjuran Presiden untuk mempelajari sejarah kebangsaan dengan menyesuaikan cara penyajian agar mudah dipahami oleh generasi Milenium merupakan kebijakan yang rasional.

Waketum Partai Hanura Nurdin Tampubolon memandang film G30S/PKI perlu diproduksi ulang. Film tersebut diproduksi ulang untuk memahamkan dan menyadarkan generasi muda akan sejarah kelam Indonesia terkait PKI.

Produksi ulang film G30S/PKI merupakan bagian dari warisan sejarah untuk generasi muda. Film PKI diproduksi bukan untuk menghilangkan atau mengubah fakta sejarah yang ada terkait PKI.

Wacana Presiden Joko Widodo membuat ulang film G30S/PKI agar disesuaikan dengan kaum milenial dikritik keras oleh politikus senior PAN Amien Rais.

Dilansir rmol.co, Amien menilai wacana yang dilontarkan Jokowi itu seperti memberikan angin segar bagi kebangkitan bagi Partai Komunis Indonesia (PKI). 

"Yang jelas sekarang ini, rezim Jokowi secara nggak disadari memberikan angin kebangkitan PKI, itu yang bahaya," ucap Amien saat menghadiri resepsi pernikahan putra Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ray Zulham, di Hotel Raffles, Setia Budi, Jakarta, Minggu, Ahad, 24 September 2017. 

Menurut Amien, Jokowi harus berhati-hati jika ingin memproduksi ulang film tersebut. Lantaran pemberontakan PKI merupakan peristiwa sejarah yang telah puluhan tahun berlalu. Pemerintah butuh riset panjang untuk memproduksi kembali film tersebut.

"Pak Jokowi harus hati-hati dalam mengusulkan film baru. Karena yang dibuat pada sekian tahun lalu itu adalah film berdasarkan riset yang panjang. Tidak ngawur," katanya.

Ia berharap, kemunculan film G30S/PKI versi baru nantinya tidak menjadi momentum untuk membenarkan PKI. 

"Kalau kemudian versi baru mau membenarkan PKI, saya kira siapa pun akan bangkit untuk mengingatkan itu. Pokoknya Jokowi hati-hati," pungkas mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu. 

Dilansir detik.com, Ketum PAN Zulkifli Hasan setuju dengan usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin membuat remake film G30S/PKI untuk generasi milenial. Zulkifli setuju karena menanggap film yang sudah ada sekarang durasinya terlalu panjang.

Zulkifli ingin bila nantinya rencana Jokowi tersebut benar-benar terlaksana, film baru tersebut dibuat lebih ringkas. Namun, dia juga mengingatkan agar substansi dari film tersebut tidak ada yang berubah.

"Setuju (remake film G30S/PKI). Agar ada versi yang ringkas. Tapi substansi tetap. Misal jenderal yang dibunuh. Kan nggak berubah, nggak bisa berubah. Itu kan fakta," kata Zulkifli usai menikahkan anaknya di Grand Ballroom Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, Ahad, 24 September 2017.

Zulkifli sendiri tahu alasan Jokowi ingin membuat remake film G30S/PKI. Dia paham bila durasi film yang hampir 4 jam membuat film tersebut sulit untuk ditonton oleh anak-anak muda. Ketua MPR itu juga mengaku tidak kuat saat partainya mengadakan nobar film G30S/PKI beberapa waktu lalu.

"Tapi memang 4 jam itu lama sekali. Apa bisa anak muda generasi milenial nonton 4 jam. Saya kira kan tidak mudah itu. Kalau ada versi agak singkat, satu jam setengah. Saya kira itu sedang tuh. Kalau anak muda 4 jam punya waktu khusus sulit. Saya nonton 4 jam, dari jam 9 malam sampai jam 1 pagi, kita masuk angin kita," ucap Zulkifli.

Dia menyesalkan masih adanya orang-orang yang meributkan soal PKI hari ini. Menurutnya, PKI adalah sejarah kelam yang sudah selesai.

"Begini, kita jangan lagi berkelahi soal PKI. Itu kan sejarah kelam yang harus dijadikan pelajaran, yang harus diketahui semua orang untuk jadi pelajaran. Itu sudah selesai kan," tegasnya.

Karena itu, dia tidak mau lagi ada polemik soal nobar film G30S/PKI. Karena Zulkifli menilai semua dikembalikan lagi pada hak setiap orang apakah ingin menonton atau tidak.

"Nah artinya mari kita hentikan silang sengketa. Kalau yang mau tonton silahkan. Kalau tidak, nggak apa-apa. Nggak usah kalau mau tonton saja kita bertengkar. Kita ini yang harus kita tengkarkan bagaimana kita miliki daya saing, itu boleh. Masa soal nonton dipertengkarkan," pungkasnya. 

(by/rmol.co/detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Tampar "Muka" Amien Rais, Ketum PAN Setuju Remake Film G30S/PKI
Tampar "Muka" Amien Rais, Ketum PAN Setuju Remake Film G30S/PKI
Wacana Presiden Jokowi membuat ulang film G30S/PKI dikritik keras oleh politikus senior PAN Amien Rais.
https://1.bp.blogspot.com/-6hx9BY5J3gE/Wch0SF5Sq9I/AAAAAAAAv3g/ryMtoQBgOYIaQRVNej2jU3GqySpawoe2QCLcBGAs/s640/Amien%2BRais1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6hx9BY5J3gE/Wch0SF5Sq9I/AAAAAAAAv3g/ryMtoQBgOYIaQRVNej2jU3GqySpawoe2QCLcBGAs/s72-c/Amien%2BRais1.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/tampar-muka-amien-rais-ketum-pan-setuju.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/tampar-muka-amien-rais-ketum-pan-setuju.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy