Wiranto: Pemberontakan PKI, DI/TII, PRRI/Permesta, dan Peristiwa Malari Sejarah Kelam Bangsa Ini

Menko Polhukam, Wiranto mengatakan, peristiwa 30 September 1965 adalah peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia.

Wiranto: Pemberontakan PKI, DI/TII, PRRI/Permesta, dan Peristiwa Malari Sejarah Kelam Bangsa Ini
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai Menko Polhukam, Wiranto mengatakan, setiap menjelang pemilu, baik itu Pemilu Kada atau Pemilu Presiden dan Wakil Presiden suhu politik selalu memanas. Keadaan itu sudah berlaku sejak dahulu dan menjadi bagian dari pasang surutnya suhu politik dalam alam demokrasi. 

Ia mengatakan, pemerintah melalui Kemenko Polhukam dan segenap jajarannya akan terus menjaga agar memanasnya suhu politik tersebut masih pada batas-batas kewajaran agar tidak menimbulkan instabilitas nasional yang tentu akan menganggu berbagai kepentingan nasional.

Menjelang bulan Oktober, jelas Wiranto, telah muncul berbagai isu yang cukup meresahkan masyarakat dan telah menjadi perdebatan publik dengan berbagai spekulasi yang menggiring terjadinya konflik horizontal yang perlu segera dihentikan agar tak mengganggu kepentingan nasional.

Salah satu isu yang digoreng habis-habisan dan dijadikan alat untuk menjatuhkan pemerintah adalah isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Bahkan, soal pemutaran film G30S/PKI pun dijadikan ajang perdebatan.

"Mengenai pemutaran kembali Film Penghianatan G.30 S /PKI, dan ajakan untuk nonton bareng bagi beberapa institusi merupakan hal yang tidak perlu diperdebatkan," ungkap Wiranto saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Ahad, 25 September 2017. .

Ia menegaskan, peristiwa 30 September 1965 adalah peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia. Namun, masih banyak peristiwa serupa yang dialami bangsa Indonesia seperti pemberontakan DI/TII, Pemberontakan PRRI/Permesta, peristiwa Malari di tahun 1974 yang semua itu adalah rangkaian fakta sejarah yang sudah berlalu. 

"Kita tidak mungkin memutar kembali jarum jam dan mengubah fakta sejarah sekehendak kita. Sejarah tersebut merupakan perjalanan bangsa yang dapat dijadikan referensi bangsa untuk menatap ke masa depan," ungkap mantan Panglima TNI ini.

Ia mengatakan, menonton film sejarah memang perlu bagi generasi berikutnya untuk memahami sejarah kebangsaan Indonesia secara utuh. 

"Kita tak perlu malu, marah atau kesal menonton film sejarah. Ajakan atau anjuran menonton tak perlu dipolemikkan apalagi sampai membuat bangsa ini bertengkar dan berselisih," tegas mantan Ketua Umum Partai Hanura ini. 

Dikatakannya, anjuran Presiden untuk mempelajari sejarah kebangsaan dengan menyesuaikan cara penyajian agar mudah dipahami oleh generasi Milenium merupakan kebijakan yang rasional.

(Ibnu)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wiranto: Pemberontakan PKI, DI/TII, PRRI/Permesta, dan Peristiwa Malari Sejarah Kelam Bangsa Ini
Wiranto: Pemberontakan PKI, DI/TII, PRRI/Permesta, dan Peristiwa Malari Sejarah Kelam Bangsa Ini
Menko Polhukam, Wiranto mengatakan, peristiwa 30 September 1965 adalah peristiwa sejarah kelam bangsa Indonesia.
https://4.bp.blogspot.com/-4iWeIRN3rQ0/WcfMygZXeBI/AAAAAAAAv2o/MykBa_QG4tEwugbgdxeWsv2zgMHy5-e2wCLcBGAs/s640/Wiranto2.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-4iWeIRN3rQ0/WcfMygZXeBI/AAAAAAAAv2o/MykBa_QG4tEwugbgdxeWsv2zgMHy5-e2wCLcBGAs/s72-c/Wiranto2.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/wiranto-pemberontakan-pki-ditii.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/wiranto-pemberontakan-pki-ditii.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy