Afiliasi ISIS di Marawi Filipina Sudah Berakhir

Pasukan ISIS Palestina.

Afiliasi ISIS di Marawi Filipina Sudah Berakhir
BENTENGSUMBAR. COM - Filipina pada Senin, 23 Oktober 2017 menyatakan berakhirnya operasi militer di Kota Marawi yang dikuasai oleh kelompok bersenjata afiliasi ISIS dalam lima bulan terakhir.

Operasi militer di bagian selatan Filipina itu melibatkan pertempuran dalam kota yang menandai krisis keamanan terbesar negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Serangan militer kubu pemerintah dihentikan setelah para tentara menewaskan semua petempur yang bersembunyi di sejumlah gedung di pusat Kota Marawi dan menolak menyerah.

Suara tembakan senjata otomatis masih terdengar pada Senin, 23 Oktober 2017 dan wartawan Reuters menyaksikan api di belakang sebuah masjid. 

Mayat sekitar 40 militan dan dua dari istri mereka ditemukan di sana dan dua gedung yang berdekatan.

Ernesto Abella, juru bicara Presiden Rodrigo Duterte, mengatakan Filipina telah menang melawan "ancaman ekstremisme dan radikalisme paling besar di Filipina dan Asia Tenggara."

Sementara Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana menyatakan bahwa pasukan keamanan "berhasil menghancurkan infrastruktur kunci" milik kelompok ekstremis.

"Kami telah berkontribusi besar dalam menghentikan penyebaran kekerasan radikalisme dan ekstremisme di Asia," kata Lorenzana dalam pertemuan antar menteri pertahanan regional di Clark.

Para militan sempat membuat kewalahan pasukan militer yang tidak berpengalaman dalam pertempuran dalam kota, membuat banyak pihak khawatir ISIS akan menyebarkan pengaruh ke Muslim lokal dan menggunakan Mindanao sebagai basis operasi mereka di Asia Tenggara.

Kekhawatiran terus meningkat bersama perbaikan kemampuan organisasi aliansi militan lokal dan perekrutan petempur muda, serta keberhasilan mereka menarik simpati radikalis asing, mengumpulkan banyak senjata, dan bertahan 154 hari dari serangan darat dan udara.

Otoritas setempat mengatakan 920 anggota kelompok bersenjata, 165 tentara dan polisi, serta sedikitnya 45 warga sipil tewas dalam konflik lima bulan itu yang juga memaksa lebih dari 300.000 orang mengungsi.

Komandan satuan tugas di Marawi, Kolonel Romeo Brawner, mengatakan bahwa para tentara akan mengamankan kota tersebut dari militan yang mungkin masih hidup.

"Jika kami menemukan mereka, atau mereka mulai menyerang kami, maka kami harus mempertahankan diri," kata dia kepada sejumlah wartawan.

Setelah sempat kesulitan, militer mulai mudah memperoleh kemajuan dalam membebaskan Marawi sejak Isnilon Hapilon, yang merupakan emir ISIS di Asia Tenggara, dan Omarkhayam Maute, pemimpin kelompok bersenjata Maute, terbunuh.

Seorang tokoh lain yang diduga berperan sebagai sumber pendanaan asal Malaysia, Mahmud Aham, juga diduga tewas.

Juru bicara militer Mayor Jenderal Restituto Padila membenarkan bahwa aksi tembak-menembak masih berlangsung. Namun "tidak ada lagi teroris" mengingat mereka sudah kehilangan pemimpin.

"Mereka tidak lagi punya organisasi, dan tidak ada tempat untuk lari," kata dia sebagaimana dikutip Reuters.

(IT)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Afiliasi ISIS di Marawi Filipina Sudah Berakhir
Afiliasi ISIS di Marawi Filipina Sudah Berakhir
Pasukan ISIS Palestina.
https://4.bp.blogspot.com/-HkyzJX7I0aI/We7iBQVUrlI/AAAAAAAAx5U/mt7-Gu4cPasG6GUuGDASY4baPrJvYq7HwCLcBGAs/s640/ISIS.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HkyzJX7I0aI/We7iBQVUrlI/AAAAAAAAx5U/mt7-Gu4cPasG6GUuGDASY4baPrJvYq7HwCLcBGAs/s72-c/ISIS.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/afiliasi-isis-di-marawi-filipina-sudah.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/afiliasi-isis-di-marawi-filipina-sudah.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy