Diluar Dugaan, Hasil Survei Buktikan 67 Persen Publik Nyatakan Presiden Jokowi Bela Islam

Presiden Jokowi bersama Habib Lutfi bin Yahya. Mayoritas publik justru menilai Jokowi adalah pemimpin yang membela Islam.

Diluar Dugaan, Hasil Survei Buktikan 67 Persen Publik Nyatakan Presiden Jokowi Bela Islam
BENTENGSUMBAR.COM - Hasil survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa mayoritas publik menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang seorang Muslim bukanlah sosok yang anti Islam dan menjadi musuh ulama seperti yang digembar-gemborkan sejumlah pihak di media sosial.

Mayoritas publik justru menilai Jokowi adalah pemimpin yang membela Islam.

Survei Indikator ini dilakukan pada 17-24 September 2017 terhadap 1.220 responden dengan usia 17 tahun atau sudah menikah di 34 provinsi. Survei melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 2,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Sekitar 67 persen publik yang menyatakan Presiden Jokowi membela Islam dan hanya 6 persen yang menganggap Jokowi anti Islam. Sisanya tidak tahu atau tidak menjawab," ujar Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparan hasil survei di Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2017.

Burhanuddin juga memaparkan 66 persen publik tidak setuju dengan pandangan bahwa Jokowi adalah musuh ulama dan 9 persen menjawab sangat tidak setuju. Hanya 5 persen yang menjawab setuju dan 0 persen menjawab sangat setuju bahwa Jokowi adalah musuh ulama. Sementara 20 Persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

"Bisa dikatakan, angka ini sangat rendah jika dibandingkan dengan maraknya anggapan itu di media sosial. Namun kelompok ini memiliki konsekuensi sangat kuat terhadap pilihan politik," kata Burhanuddin.

Temuan ini memperkuat hasil survei lainnya yang menyebutkan bahwa Jokowi mendapat dukungan paling tinggi untuk kembali menjabat presiden dibdandingkan nama-nama besar lainnya.

"Jika publik menganggap Jokowi memusuhi ulama, terlebih dianggap anti Islam, maka dukungan politik Jokowi akan sangat rendah," jelas dia.

Sementara itu terkait isu Partai Komunis Indonesia (PKI), sebanyak 57 persen warga menolak anggapan bawah Jokowi melindungi kelompok PKI. Hanya 7 persen yang menyatakan setuju dan 7 persen lainnya menjawab sangat tidak setuju tentang pandangan itu.

Bahkan, lanjut dia, 52 persen responden menyebut isu PKI bangkit hanya dihembuskan dan dibesar-besarkan oleh kelompok tertentu untuk menyerang pemerintahan Jokowi. Hanya 13 persen yang menganggap saat ini terjadi kebangkitan PKI di tanah air. Selebihnya tidak bisa menilai.

"Jika publik menganggap bahwa PKI saat ini sedang bangkit dan Jokowi dianggap melindungi kelompok komunis, maka dukungan kepada Jokowi sangat tertekan," pungkas dia.

(buya/BeritaSatu)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Diluar Dugaan, Hasil Survei Buktikan 67 Persen Publik Nyatakan Presiden Jokowi Bela Islam
Diluar Dugaan, Hasil Survei Buktikan 67 Persen Publik Nyatakan Presiden Jokowi Bela Islam
Presiden Jokowi bersama Habib Lutfi bin Yahya. Mayoritas publik justru menilai Jokowi adalah pemimpin yang membela Islam.
https://1.bp.blogspot.com/-6QPa0eyMJVg/Wd7PbcXKRFI/AAAAAAAAw64/s98WX9ST36AnpVomZke5TVl_-SKFYfaFgCLcBGAs/s640/Jokowi%2Bdan%2BHabib.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6QPa0eyMJVg/Wd7PbcXKRFI/AAAAAAAAw64/s98WX9ST36AnpVomZke5TVl_-SKFYfaFgCLcBGAs/s72-c/Jokowi%2Bdan%2BHabib.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/diluar-dugaan-hasil-survei-buktikan-67.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/diluar-dugaan-hasil-survei-buktikan-67.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy