Gubernur Irwan: Tak Ada yang Bisa Memecah Silaturahmi Anak Negeri, Jika Mau Saling Memahami

Gubernur Irwan: Tak Ada yang Bisa Memecah Silaturahmi Anak Negeri, Jika Mau Saling Memahami
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof. DR. H. Irwan Prayitno, P. Si, M. Sc, Datuk Rajo Bandaro Basa menghadiri Tea Pai Ceremony, sebuah seremoni pra pernikahan adat Tionghoa, Sabtu, 20 Oktober 2017.

Acara tersebut merupakan seremoni pra pernikahan dari cucu Djunaidi Perwata - Rooslinawati Perwata yang merupakan relasi Gubernur Irwan. Pada acara itu, Gubernur Irwan didampingi istri tercinta, Ny. Nevi Zuriana Irwan Prayitno.

"Tea Pai merupakan salah satu rangkaian acara yang sering diadakan dalam pernikahan adat Tionghoa (Chinese wedding) untuk menghormati orang yang lebih tua," ujar Irwan. 

Ia menjelaskan, dalam beberapa kesempatan, tradisi penyuguhan teh di beberapa daerah sangatlah berbeda karena bisa tergantung dari kebiasaan suku dan adat tradisi masing-masing.

"Dalam prosesi Tea Pai ini, sebagai urutan pertama, mempelai mempersilahkan orang yang lebih tua untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Setelah duduk, berikan penghormatan dengan cara membungkukkan badan sambil mengepalkan kedua belah tangan," ungkap Irwan.

Irwan juga menyinggung indahnya keberagaman atau kebhinnekaan di Indonesia ini. Dengan saling menghormati dan memahami kebudayaan satu sama lain, ikatan sesama anak bangsa ini akan semakin kuat. 

"Tak ada yang bisa memecah silaturahmi anak negeri, jika mau saling memahami," ungkap Irwan lagi.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »