HSP ke-89, Generasi Muda Sungai Bangek Gelar Salawat Dulang

Desri Ayunda ketika menghadiri peringatan HSP ke-89 tahun 2017 di Sungai Bangek.

HSP ke-89, Generasi Muda Sungai Bangek Gelar Salawat Dulang
HSP ke-89, Generasi Muda Sungai Bangek Gelar Salawat Dulang
Penampilan group Salawat Dulang Panah Arjuna yang berasal dari Kota Padang Panjang.
BENTENGSUMBAR. COM - Kecintaan kepada Rasulullah SAW dan agama Islam diluapkan oleh generasi muda dan masyarakat Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Sumatera Barat dalam setiap momen. Salah satunya melalui momen peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-89 tahun 2017.

Uniknya, dalam memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut, generasi muda dan masyarakat Sungai Bangek menggelar acara Salawat Dulang, salah satu tradisi kesenian Islam di Ranah Minang. Salawat Dulang merupakan salah satu media untuk mensyiarkan agama Islam ke tengah-tengah masyarakat, terutama menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah SAW dan keluarganya. 

Acara kesenian itu dihadiri oleh tokoh masyarakat Koto Tangah, Desri Ayunda yang juga bakal calon Wakil Wali Kota Padang pada Pilkada 2018, berpasangan dengan bakal calon Wali Kota Emzalmi Zaini yang saat ini masih menjabat Wakil Wali Kota Padang. 

"Saya mengapresiasi generasi muda di daerah ini. Momen peringatan Hari Sumpah Pemuda diisi dengan kesenian Islam dan selalu berupaya membangkit budaya leluhur kita di zaman moderenisasi seperti sekarang ini," ujarnya, Sabtu, 28 Oktober 2017 malam.

Apatah lagi, kata Desri, saat ini generasi muda tidak begitu peduli dengn tradisi nenek moyangnya. Mereka sibuk dengan HP Android masing-masing, tenggelam di dunia maya, sehinga silaturrahmi dan beradaptasi sudah memudar diantara mereka.

"Mereka duduk satu meja, tetapi mereka tidak saling berkomunikasi. Kalau ini tidak segera kita atasi dengan bijak, bakal berdampak buruk bagi perkembangan generasi muda kita," ungkapnya.

Untuk itu, sekali lagi Desri Ayunda mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada generasi muda dan masyarakat Sungai Bangek yang telah membangkitkan budaya Islam dan budaya leluhur Ranah Minang.

"Membagkit budaya dan tradisi sesuai dengan adat istiadat kita, ini langkah yang tepat sekali dilakukan generasi muda Sungai Bangek. Jangan sampai budaya tradisional kita tenggelam dimakan zaman," ujarnya. 

Ia mengatakan, Salawat Dulang merupakan salah satu budaya Minang yang bernuansa Islam dan perlu dilestarikan. Perlu diprogramkan secara rutin, sehingga bisa lebih memasyarakat, khususnya untuk kaum muda dan remaja.

"Kegiatan ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam dan menyambut HSP sangat positif. Mari kita kembangkan di Kota Padang ini, bukan di sini saja. Kedepannya, kita perlu merangkul ninik mamak, dan alim ulama untuk melestarikan budaya leluhur kita ini," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Desri Ayunda juga menghimbau semua pihak untuk memperhatikan pergaulan generasi muda, sehingga mereka tidak terjerumus ke pergaulan bebas yang dapat merusak masa depat mereka.

"Ini perlu perhatian serius semua pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, ninik mamak, alim ulama dan orang tua agar anak kemenakan kita dapat terhindar dari pergaulan bebas. Mereka harus diarahkan kepada pengenalan tradisi dan agamanya, apalagi masyarakat Minang terkenal sebagai masyarakat yang agamis," cakapnya.

Pada acara tersebut, Panitia Pelaksana menghadirkan group Salawat Dulang Panah Arjuna yang berasal dari Kota Padang Panjang.

(by/zulpili)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: HSP ke-89, Generasi Muda Sungai Bangek Gelar Salawat Dulang
HSP ke-89, Generasi Muda Sungai Bangek Gelar Salawat Dulang
Desri Ayunda ketika menghadiri peringatan HSP ke-89 tahun 2017 di Sungai Bangek.
https://4.bp.blogspot.com/-H2NoOjv0jKk/WfTFaeYef9I/AAAAAAAAIRA/0MeP3s36k-w-wk-yuUow3oEM9shP_luxACLcBGAs/s640/Desri%2Bsalawat.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-H2NoOjv0jKk/WfTFaeYef9I/AAAAAAAAIRA/0MeP3s36k-w-wk-yuUow3oEM9shP_luxACLcBGAs/s72-c/Desri%2Bsalawat.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/hsp-ke-89-generasi-muda-sungai-bangek.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/hsp-ke-89-generasi-muda-sungai-bangek.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy