Indonesia Tidak Mengakui Pernyataan Sepihak Kemerdekaan Catalonia

Indonesia Tidak Mengakui Pernyataan Sepihak Kemerdekaan Catalonia
BENTENGSUMBAR. COM - Pemerintah Republik Indonesia menyatakan tidak mengakui kemerdekaan Catalonia. Sikap ini menegaskan, Indonesia tidak mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol. 

Demikian ditegaskan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi pada laman resmi Twitter Kemlu RI, Sabtu, 28 Oktober 2017.  

"Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia," tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Indonesia menganggap Catalonia adalah bagian dari wilayah Spanyol yang tidak bisa dipisahkan sama sekali. 

"Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia," ujarnya. 

Parlemen Catalonia telah mendeklarasikan kemerdekaan wilayah tersebut dari Spanyol pada Jum'at, 27 Oktober 2017. 

Dari 82 orang anggota parlemen, 70 di antaranya memilih mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Sedangkan 10 orang menolak kemerdekaan dan sisanya abstain.

Voting ini merupakan reaksi parlemen setelah Presiden Carles Puigdemont mengumumkan tidak akan menggelar pemilihan dini 20 Desember mendatang.

Hasil pemungutan suara ini, seperti diwartakan Euronews, disambut gembira ribuan orang yang memadati gedung parlemen di Barcelona.

Mereka pun menyanyikan lagu kebangsaan Catalonia, dengan Estelada (bendera kebangsaan Catalonia) tak henti-hentinya berkibar.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »