Jadi Pemimpin DKI Harus Tegas, Kalau Tidak ke Laut Saja!

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio.

Jadi Pemimpin DKI Harus Tegas, Kalau Tidak ke Laut Saja!
BENTENGSUMBAR. COM - DKI Jakarta akan berganti kepemimpinan pada 16 Oktober mendatang. Djarot Saiful Hidayat akan digantikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Menanggapi hal itu, Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio menilai birokrasi yang sudah dijalankan kepemimpinan sebelumnya (Ahok-Djarot) sudah cukup tegas.

“Birokrasi sebelumnya sudah baik, sudah benar, sudah tegas,” kata Agus sebagaimana diwartakan Kricom.id, Jumat, 13 Oktober 2017.

Bahkan, Agus menambahkan, untuk menjadi pemimpin di Jakarta memang dibutuhkan sikap yang tegas.

“Kalau mau jadi pemimpin di DKI harus tegas, kalau enggak, ya ke laut aja,” ujarnya.

Menurut Agus, janji-janji Anies-Sandi saat kampenye bisa direalisasikan jika memang ada anggarannya di 2018.

“Kalau ditanya bisa atau tidak, ya dilihat lagi anggarannya ada atau tidak. Kalau memang ada anggarannya di 2018, mungkin bisa direalisasikan,” ucapnya.

Ketika disinggung perihal kemampuan Anies-Sandi dalam merealisasikan janjinya saat kampanye, Agus enggan berkomentar lebih dalam.

“Saya enggak bisa jawab apa-apa, yang buat janji kan mereka (Anies-Sandi), jadi yang bisa memastikan ya cuma mereka. Kalau urusan birokrasi itu kan setiap ganti kepemimpinan ganti juga sistemnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sejarawan JJ Rizal menyoroti sikap Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan yang dianggapnya berbalik 180 derajat dari sikapnya sewaktu masa kampanye dulu.

Dia menganggap apa yang disampaikan Anies jelang pelantikannya bukannya memberi harapan, tapi malah sangat normatif.

‎"Ada istilah musim panas India. Panas sebentar disusul dingin yang lama. Ibarat dari gunung yang mau meleduk jadi adem kaya gini. Saya cukup tahu suasana kebatinan Pak Gubernur," kata JJ Rizal saat diskusi bertajuk 'Pemimpin Baru Jakarta' di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Oktober 2017.

Padahal, ujar JJ Rizal, jutaan warga Jakarta yang memilih Anies-Sandi pada Pilkada lalu sedang menunggu agar gubernur pilihannya itu segera merealisasikan janji kampanyenya usai resmi dilantik Senin lusa, termasuk soal penolakannya terhadap reklamasi.

"‎‎Tapi menengok pidato Pak Anies kemarin sangat normatif. Saya merasa Anies ingin main aman. Ingin lebih banyak berdialog dengan kekuasaan, dibanding dengan 57 persen (pemilihnya) yang kelabakan karena nakhodanya sedang goyang," kritiknya.

Menurutnya, pemimpin Jakarta haruslah memiliki jiwa petarung. Bukan malah bersikap lembek dan terkesan hanya mencari aman untuk menghindari kegaduhan.

"D‎ari 18 gubernur di Jakarta, enggak bisa tiba-tiba bersikap normatif dan terkesan menghindari kegaduhan. Pak Anies harus jadi petarung kreatif," ungkapnya.

(ibnu)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Jadi Pemimpin DKI Harus Tegas, Kalau Tidak ke Laut Saja!
Jadi Pemimpin DKI Harus Tegas, Kalau Tidak ke Laut Saja!
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio.
https://3.bp.blogspot.com/-Yzkg1ee4-Fc/WeHVMkQfeMI/AAAAAAAAxEs/YMQ-aurU7hUWfBb7D0ps7q03UhNTgNtuwCLcBGAs/s640/pambagyo.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Yzkg1ee4-Fc/WeHVMkQfeMI/AAAAAAAAxEs/YMQ-aurU7hUWfBb7D0ps7q03UhNTgNtuwCLcBGAs/s72-c/pambagyo.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/jadi-pemimpin-dki-harus-tegas-kalau.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/jadi-pemimpin-dki-harus-tegas-kalau.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy