"Kita Siap Hadapi Gugatan Terhadap Berbagai Pihak yang Tidak Puas atas UU Ormas"

Demo menolak Perppu Ormas yang disahkan menjadi UU Ormas oleh DPR RI.

"Kita Siap Hadapi Gugatan Terhadap Berbagai Pihak yang Tidak Puas atas UU Ormas"
BENTENGSUMBAR. COM - Kejaksaan Agung siap menghadapi gugatan dari berbagai elemen masyarakat tentang pemberlakuan UU Ormas,  yang disetujui   awal pekan ini oleh DPR, di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita siap hadapi gugatan terhadap berbagai pihak yang tidak puas atas UU Ormas.  Jadi,  tidak ada masalah jaksa sebagai pengacara negara akan menghadapinya, ” kata Jaksa Agung M. Prasetyo,  di Kejagung, dilansir dari poskotanews.com, Jumat, 27 Oktober 2017.

Menurut Prasetyo,   kesiapan pihaknya itu dikarenakan Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti UU) yang kemudian menjadi UU sudah dibahas secara komprehensif oleh berbagai pihak terkait.

“Pak Presiden juga mengatakan kepada yang tidak bisa menerima silakan menempuh  jalur hukum,” kutip Prasetyo.

Dia menyampaikan pula bahwa pihaknya telah menerima surat kuasa khusus (SKK)  dari pemerintah,  untuk menghadapi gugatan uji materiel (judicial review) di MK.

“Sudah kita terikat SKK,” ujarnya tanpa menyebutkan dari kementerian mana yang telah memberikan SKK kepada Jalsa Agung.

Sesuai ketentuan perundangan,  jaksa yang dipersiapkan untuk menghadapi gugatan itu adalah jaksa dari jajaran Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun).

Substantif

Pengamat Tata Negara Andi M. Asrun,  yang juga Dosen Pasca Sarjana Universitas Pakuan Bogor menyatakan secara prosedural dan substantif,  UU Ormas ini rentan untuk digugat ke MK.

“Namun hendaknya perdebatan soal pro-kontra UU itu dilakukan di MK.   Biar majelis hakim MK yang memutuskan, ” sarannya.

Sesuai ketentuan perundangan,  pembahasan UU itu harus melalui kajian akademik dan mendalam serta melibatkan para pihak terkait (stakeholders).  Secara substantif tidak bertentangan dengan UU lainnya.

“Sebagai contoh,  kewenangan pemerintah untuk membubarkan Ormas itu.  Harusnya,  wewenang itu ada pada pengadilan, ” ujarnya memberi contoh isi UU Ormas.  

(yy)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: "Kita Siap Hadapi Gugatan Terhadap Berbagai Pihak yang Tidak Puas atas UU Ormas"
"Kita Siap Hadapi Gugatan Terhadap Berbagai Pihak yang Tidak Puas atas UU Ormas"
Demo menolak Perppu Ormas yang disahkan menjadi UU Ormas oleh DPR RI.
https://1.bp.blogspot.com/-yxKrOMehcuE/WfL9joDE6yI/AAAAAAAAyL4/AVGHXH9NjVUtbs7I5jdUpAnAM77o54lqACLcBGAs/s640/Demo%2BUU.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yxKrOMehcuE/WfL9joDE6yI/AAAAAAAAyL4/AVGHXH9NjVUtbs7I5jdUpAnAM77o54lqACLcBGAs/s72-c/Demo%2BUU.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/kita-siap-hadapi-gugatan-terhadap.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/kita-siap-hadapi-gugatan-terhadap.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy