Kritisi Pemko Padang, Mahesa: Kok Festival Siti Nurbaya Dipusatkan di Muaro Lasak?

Anggota DPRD Kota Padang, Haji Maidestal Hari Mahesa ketika berkunjung ke objek wisata Siti Nurbaya, Minggu, 8 Oktober 2017.

Kritisi Pemko Padang, Mahesa: Kok Festival Siti Nurbaya Dipusatkan di Muaro Lasak?
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai anggota DPRD Kota Padang, Haji Maidestal Hari Mahesa mengkritisi pelaksanaan Festival Siti Nurbaya 2017 yang kegiatannya dipusatkan di Muaro Lasak Kecamatan Padang Barat. Padahal, objek wisata Siti Nurbaya terletak di Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan.

"Pertanyaan saya, setelah ke lokasi Gunung Padang melihat Makam Siti Nurbaya pagi tadi, kenapa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang tidak memusatkan Festival Siti Nurbaya di tampuaknya? Di Kelurahan Batang Arau di kaki Gunung Padang, lokasi objek wisata Siti Nurbaya itu sendiri?" cakapnya, Minggu, 8 Oktober 2017. 

Ia tidak habis fikir, kenapa Festival Siti Nurbaya tersebut kegiatannya dipusatkan di Muaro Lasak dan Pantai Padang. Padahal, nama yang "dijual" adalah "Siti Nurbaya". Untuk itu, ia meminta tahun depan, pemko melalui Disbudpar dapat mengadakan dan memusatkan Festival Siti Nurbaya  di lokasi objek wisata Siti Nurbaya itu sendiri. 

"Jika ivent tersebut dipusatkan ditempatnya, tentunya dampaknya bagi masyarakat di kawasan objek wisata Siti Nurbaya ini. Ivent itu akan membantu perekenomian masyarakat lingkungan dan tentunya juga akan terbenahi kampung ini termasuk kesadaran masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Apatah lagi, jelas Mahesa, di Kelurahan Batang Arau sudah terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Siti Nurbaya. Ia mengatakan, ketika sudah terbentuk Pokdarwis diharapkan pemerintah memberikan perhatian penuh, karena mereka ujung tombak untuk memajukan dan mensosialisasikan pariwisata itu sendiri.

"Pemeritanah harus bisa membackup kelompok ini, bagaimana agar objek wisata ini bisa mereka turut mengelola, mensosialisasikan program dari Disbudpar itu sendiri. Dengan adanya kerjasama dengan pemerintah tentunya masyarakat akan penduli pada wisata yang ada di daerah mereka. Tentu pemerintah akan sedikit terbantu dan perekonomian warga setempat juga bisa meningkat," tegas Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.  

"Gunung Padang Siti Nurbaya adalah salah satu objek wisata yang sudah dikenal dunia,  disitulah peluang Pokdarwis ini, bagaimana kawasan objek wisata Siti Nurbaya ini ramai dikunjungi wisatawan," ujarnya.

Mahesa menilai, saat ini konsentrasi pemerintah masih terpecah, seperti sarana wisata di bagian barat sudah berkembang, tapi dibagian selatan tepatnya kawasan wisata Siti Nurbaya ini masih kurang sarana prasarananya. Apalagi objek wisata yang ada di kawasan pinggiran, seperti Lubuk Tempurung.

"Kita akui, perhatian pemerintah provinsi dan kota sudah ada, seperti saat ini sedang ada  pengerjaan tegline di Gunung Padang, yaitu "Padang Kota Tercinta" yang katanya akhir tahun ini siap. Namun kita minta pemberdayaan masyarakatnya, bagaimana gerakan Pokdarwis ini bisa diberdayakan pemerintah. Berikan mereka pelatihan-pelatihan, sehingga mereka bisa juga hidup dari sana. Seperti bagaimana membuat cindera mata maupun UKM - UKM masyarakat setempat bisa diberdayakan," pungkas anggota DPRD Kota Padang 3 periode ini.

(by/bai)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Kritisi Pemko Padang, Mahesa: Kok Festival Siti Nurbaya Dipusatkan di Muaro Lasak?
Kritisi Pemko Padang, Mahesa: Kok Festival Siti Nurbaya Dipusatkan di Muaro Lasak?
Anggota DPRD Kota Padang, Haji Maidestal Hari Mahesa ketika berkunjung ke objek wisata Siti Nurbaya, Minggu, 8 Oktober 2017.
https://3.bp.blogspot.com/-C-L_fpil6Rs/Wdn_ajceJGI/AAAAAAAAws0/1OCGvf5rQhkQDKcLRH06buTTRMv9c-WYACLcBGAs/s640/Esa.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-C-L_fpil6Rs/Wdn_ajceJGI/AAAAAAAAws0/1OCGvf5rQhkQDKcLRH06buTTRMv9c-WYACLcBGAs/s72-c/Esa.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/kritisi-pemko-padang-mahesa-kok.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/kritisi-pemko-padang-mahesa-kok.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy