Minta Polri Petakan Sumber Provokasi, Jokowi: Intelijen Kita Harus Punya Data Komplet Mengenai Ini

Minta Polri Petakan Sumber Provokasi, Jokowi: Intelijen Kita Harus Punya Data Komplet Mengenai Ini
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo meminta Polri untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pengamanan penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 sejak sekarang.

"Jadi menjelang Pilkada 2018, juga menuju Pemilu 2019 pengamanan harus betul-betul dipersiapkan secara detil," kata Presiden Jokowi di Akademi Kepolisian RI, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 9 Oktober 2017.

Pengamanan yang dimaksud Jokowi adalah termasuk pemetaan potensi friksi atau konflik yang rawan terjadi setiap penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Pemetaan potensi friksi itu harus punya sehingga preventif bisa dilakukan," kata mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi juga meminta Polri untuk memetakan secara detiil sumber-sumber provokasi yang biasanya menebar fitnah jelang tahun Pemilu.

"Sumber-sumber yang yang kita perkirakan akan memprovokasi juga harus dipetakan secara detil. Siapa dan akan melakukan apa, intelijen kita harus punya data komplet mengenai ini," kata Jokowi.

Sebab, lanjut Jokowi, jangan sampai Polri hanya menjadi pemadam kebakaran atas masalah yang terjadi karena provokasi pihak-pihak tertentu.

"Jangan sampai sudah kejadian kita bingung mencari air untuk memadamkan. Pencegahan lebih baik, dan menyiapkan alternatif solusi. Harus plan A, B, C. Harusnya sudah terbiasa dengan rancangan seperti itu," ujar Jokowi.

(buya/tsc)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »