Padang Tetapkan 30 September Hari Kesiapsiagaan Bencana

Walikota Padang secara resmi mencanangkan tanggal 30 September menjadi “Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang".

BENTENGSUMBAR. COM – Tak terasa sudah, tepat 30 September 2017 ini sudah 8 tahun ia berlalu. Dimana gempa dahsyat berkekuatan 7,9 skala ritcher itu mengguncang Kota Padang. Tak hanya memporakporandakan insfrastruktur, bencana ini juga merenggut korban jiwa 1.117 orang disertai korban luka berat dan luka ringan lainnya. 

Untuk mengenang kembali peristiwa kelam pada 30 Setember 2009 itu, Pemko Padang kembali menggelar peringatannya di Tugu Gempa, Jalan Diponegoro, Sabtu, 30 September 2017 sore. 

Kegiatan ini dipimpin Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo. Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra, Ketua TP PKK Harneli Bahar, Ketua GOW Rosmawati serta para pimpinan OPD dan ASN di lingkup Pemko Padang sekaligus para keluarga korban gempa.

Walikota menyampaikan, melalui peringatan gempa 30 September 2009 ini diharapkan seluruh masyarakat Kota Padang, agar kembali mengenang dan mengambil hikmah, terutama sekali memupuk kesiapsiagaan bencana untuk masa-masa yang akan datang..

"Karena yang terpenting sekali adalah, bagaimana kesiapsiagaan kita semua untuk menghadapi segenap potensi bencana yang akan terjadi," imbaunya.

Seperti diketahui, berkaca dari gempa 30 September 2009 silam, Pemerintah Kota Padang melalui BPBD dan OPD terkait lainnya fokus dengan mengimplementasikan paradigma preventif sebagai langkah mitigasi bencana.

Hal itu terlihat dari serangkaian upaya dalam mengurangi risiko bencana. Baik melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi setiap ancaman bencana. Terlebih, Pemko pun juga tengah menjalin kerja sama dengan beberapa negara seperti New Zealand, China dan Jepang yang dinilai bagus dalam mitigasi bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Edi Hasymi menambahkan, adapun upaya yang dilakukan dalam mitigasi bencana di Padang diantaranya, kegiatan 'tsunami safe zone' dengan memberikan edukasi bagi masyarakat tentang posisi daerah aman dan daerah bahaya tsunami.

Selanjutnya memperkuat perizinan gedung/bangunan baru agar memenuhi syarat aman gempa, melakukan sosialisasi penanggulangan bencana di daerah bahaya tsunami secara 'door to door' bagi masyarakat, pendirian Sekolah Cerdas Bencana, pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi serta pendidikan dan pelatihan bagi para relawan kebencanaan.

"Untuk memperjelas konsep penguatan mitigasi kebencanaan ini, kita telah menyusun program yang disebut 'Padang Kota Cerdas Bencana'. Program ini ditujukan, untuk mewujudkan seluruh masyarakat menjadi orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana," jelasnya. 

Sementara dalam Program Cerdas Bencana Kota Padang ini terangnya lagi, meliputi Keluarga Cerdas Bencana, Kelurahan Cerdas Bencana, Sekolah Cerdas Bencana, Hotel Cerdas Bencana, Rumah Sakit Cerdas Bencana, Masjid Cerdas Bencana, Mall Cerdas Bencana, Tempat Les Cerdas Bencana, Kampus Cerdas Bencana, Pasar Cerdas Bencana dan BUMN Cerdas Bencana.

"Kesemuanya ini intinya adalah, bagaimana meningkatkan kapasitas semua masyarakat tanpa terkecuali dalam menghadapi setiap bencana. Sehingga, upaya preventif ini semakin menyeluruh dan membudaya bagi seluruh masyarakat," tukasnya. 

Dalam kegiatan ini Walikota Padang pun secara resmi mencanangkan tanggal 30 September menjadi "Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang".

(David / Joim)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Padang Tetapkan 30 September Hari Kesiapsiagaan Bencana
Padang Tetapkan 30 September Hari Kesiapsiagaan Bencana
Walikota Padang secara resmi mencanangkan tanggal 30 September menjadi “Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang".
https://3.bp.blogspot.com/-LA9-959T_sM/WdBrK5hBtiI/AAAAAAAAwLo/AhhMViZA6OAgLJXpAOr1YbvQKGWHsDm9ACK4BGAYYCw/s640/FB_IMG_1506830888122-746701.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-LA9-959T_sM/WdBrK5hBtiI/AAAAAAAAwLo/AhhMViZA6OAgLJXpAOr1YbvQKGWHsDm9ACK4BGAYYCw/s72-c/FB_IMG_1506830888122-746701.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/padang-tetapkan-30-september-hari.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/padang-tetapkan-30-september-hari.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy