PDIP: Penjualan Anak Usaha BUMN Harus Seizin DPR

Politikus PDI Perjuangan Darmadi Durianto meminta pemerintah tidak ceroboh menjual anak perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).

PDIP: Penjualan Anak Usaha BUMN Harus Seizin DPR
BENTENGSUMBAR.COM - Politikus PDI Perjuangan Darmadi Durianto meminta pemerintah tidak ceroboh menjual anak perusahaan badan usaha milik negara (BUMN). Penjualan anak perusahaan itu harus melalui kajian yang mendalam.

"Penjualan anak usaha BUMN harus mendapat persetujuan dari DPR," kata Darmadi dalam siaran pers yang diterima, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurut anggota Komisi VI DPR ini, pengkajian menjadi sangat penting. Pasalnya menjual BUMN itu prosesnya tidak mudah. "Itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN," ucap dia.

Bendahara Umum Megawati Institute ini sepakat bila penjualan anak usaha BUMN terpaksa dilakukan karena terus merugi. Tapi, kata Darmadi, persoalan merugi itu bisa saja karena salah urus.

"Kalau penyebabnya karena masalah mismanagement tentu sebaiknya direvitalisasi dengan mencari tangan-tangan yang andal dan kompeten untuk direvitalisasi kembali," terang dia.

Darmadi mendesak Presiden Joko Widodo menghimpun informasi yang komprehensif dan membuat kalkulasi yang cermat. Jokowi disarankan memilah-milah anak usaha BUMN mana saja yang bisa dijual dan tidak. 

"Istilahnya bisnis yang sudah stalemated, tentu lebih baik dipertimbangkan untuk dijual. Kecuali, bisnis yang menguasai hajat hidup orang banyak atau yang strategis. Itu tidak boleh dijual," pungkas dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyepakati usulan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk melebur sedikitnya 800 anak perusahan BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia. Usulan tersebut telah disampaikan Presiden kepada para menteri dalam sidang kabinet paripurna beberapa waktu lalu.

"Saya sudah perintahkan kemarin (dalam sidang kabinet paripurna), yang 800 di-merger atau kalau perlu dijual," kata Jokowi saat menutup rakornas Kadin 2017 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa 3 Oktober 2017.

(Sumber: metrotvnews.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: PDIP: Penjualan Anak Usaha BUMN Harus Seizin DPR
PDIP: Penjualan Anak Usaha BUMN Harus Seizin DPR
Politikus PDI Perjuangan Darmadi Durianto meminta pemerintah tidak ceroboh menjual anak perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).
https://3.bp.blogspot.com/-d4QepdcahOg/WdcoVjeQ6yI/AAAAAAAAwh8/h7nqVoB-9xAmpgxJB9tsjfzPU_Hy0UNCACLcBGAs/s640/Darmadi-Durianto.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-d4QepdcahOg/WdcoVjeQ6yI/AAAAAAAAwh8/h7nqVoB-9xAmpgxJB9tsjfzPU_Hy0UNCACLcBGAs/s72-c/Darmadi-Durianto.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/pdip-penjualan-anak-usaha-bumn-harus.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/pdip-penjualan-anak-usaha-bumn-harus.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy