Pemerintah Spanyol 'Mencemooh' Deklarasi Kemerdekaan Catalunya

Euforia warga Catalunya rayakan hasil referendum kemerdekaan.

Pemerintah Spanyol 'Mencemooh' Deklarasi Kemerdekaan Catalunya
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Spanyol menolak deklarasi kemerdekaan yang ditandatangani pemimpin Catalunya, Carles Puigdemont dan menolak seruan dialog.

Wakil Perdana Menteri Spanyol, Soraya Saenz de Santamaria menggambarkan Puigdemont sebagai sosok yang "tidak tahu di mana dia berada dan kemana akan melangkah".

Sementara, Menteri Kehakiman Spanyol, Rafael Catala menegaskan kembali sikap pemerintah Spanyol bahwa referendum itu ilegal dan hasilnya tidak sah.

Rencananya, pemerintah Spanyol akan menggelar rapat kabinet mendadak untuk membahas langkah pemerintah menyikapi perkembangan terbaru di Catalunya.

Sebelumnya, Puigdemont menandatangani deklarasi kemerdekaan Catalunya pada Selasa, tetapi menunda pelaksanaannya demi memungkinkan adanya dialog dengan pemerintah pusat.

Spekulasi yang berkembang menyebutkan bahwa deklarasi kemerdekaan Catalunya ini akan menyebabkan Spanyol dalam krisis politik yang berkepanjangan.

Gejolak politik itu terjadi sejak digelarnya referendum di wilayah Catalunya pada awal Oktober lalu yang dianggap tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi negara tersebut.

Di hadapan anggota parlemen Catalunya di Barcelona, Puigdemont mengatakan hasil referendum menunjukkan bahwa mayoritas warga wilayah otonomi itu menghendaki kemerdekaan.

Untuk itulah, "Kami meminta negara-negara dan organisasi internasional untuk mengakui republik Catalunya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat," katanya.

Dia mengatakan hasil referendum menunjukkan bahwa "rakyat berkehendak" untuk melepaskan diri dari Spanyol. Namun demikian, dia juga mengatakan dirinya ingin "mengurangi ketegangan" dengan Madrid terkait masalah ini.

"Saya mengusulkan untuk menunda upaya lanjutan dari deklarasi kemerdekaan ini dengan menggelar dialog dengan Madrid," kata Puigdemont kepada anggota parlemen.

Sejauh ini tidak jelas apakah dokumen pernyataan kemerdekaan itu memiliki kekuatan hukum, karena referendum kemerdekaan yang digelar 10 hari lalu itu dilarang oleh Mahkamah Konstitusi. Selain itu, pemisahan diri harus disahkan oleh parlemen Catalunya.

Warga Catalunya di Barcelona yang mendukung kemerdekaan menyambut positif isi pidato awal Puigdemont, tetapi tidak sedikit yang kecewa setelah mendengar sikap Puigdemont yang menunda tindakan lanjutan dari penandatanganan deklarasi kemerdekaan.

Referendum diikuti oleh sekitar 43% dari total pemilih dan dari angka tersebut lebih dari 90% mendukung kemerdekaan Catalunya.

Proses pemungutan suara, yang dihalang-halangi aparat kepolisian Spanyol, sempat diwarnai aksi kekerasan yang kemudian menyulut protes kelompok pendukung kemerdekaan.

Menjelang pidato Puigdemont pada Selasa lalu, telah ada desakan agar deklarasi kemerdekaan itu ditunda. Desakan itu antara lain disuarakan Wali kota Barcelona, Ada Colau dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Catalunya adalah salah satu wilayah terkaya di Spanyol, namun sejumlah perusahaan telah mengumumkan akan memindahkan kantor pusatnya ke luar wilayah Catalunya sebagai tanggapan terhadap krisis tersebut.

(Sumber: bbc.com)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Pemerintah Spanyol 'Mencemooh' Deklarasi Kemerdekaan Catalunya
Pemerintah Spanyol 'Mencemooh' Deklarasi Kemerdekaan Catalunya
Euforia warga Catalunya rayakan hasil referendum kemerdekaan.
https://4.bp.blogspot.com/-b9nrKt3gztY/Wd4b1rVFn-I/AAAAAAAAw4E/gAgif_nVVWMCjNt-ntGRw3rihh57LpbIwCLcBGAs/s640/Cataloya.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-b9nrKt3gztY/Wd4b1rVFn-I/AAAAAAAAw4E/gAgif_nVVWMCjNt-ntGRw3rihh57LpbIwCLcBGAs/s72-c/Cataloya.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/pemerintah-spanyol-mencemooh-deklarasi.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/pemerintah-spanyol-mencemooh-deklarasi.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy