Pengamat: Panglima Gatot Perlu Belajar dari Agus Harimurti

Presiden Jokowi berjabat tangan dengan putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono.

Pengamat: Panglima Gatot Perlu Belajar dari Agus Harimurti
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat militer Al Araf menegaskan bahwa jika Panglima TNI Gatot Nurmantyo ingin berpolitik praktis, maka harus keluar dari institusi TNI. Sejak reformasi, kata Al Araf, TNI sudah tidak bisa berpolitik lagi.

"Kalau mau terjun ke politik, Panglima TNI harusnya keluar dari institusi militer. Panglima adalah jabatan yang membawahi seluruh institusi militer. Sejak reformasi TNI sudah dilarang berpolitik," ujar Al Araf di Warung Daun, Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Al Araf mengakui bahwa meskipun dilarang, godaan terhadap TNI termasuk Panglimanya untuk masuk ke dunia politik selalu ada. Sejak reformasi, kata dia, selalu ada upaya menarik Panglima TNI ke dalam proses politik elektoral.

"Ini bisa karena karena faktor internal panglimanya yang ingin masuk, atau faktor eksternal ada yang menarik dia untuk masuk politik," tanda dia.

Al Araf membandingkan pemilu 2004 dan apa yang terjadi sekarang. Menurut dia, pada pemilu 2004, faktor dari luar institusi TNI lebih dominan menggoda Panglima TNI untuk masuk ke wilayah politik. Apa yang dilakukan Gatot sekarang, kata dia justru berbeda dengan fenomena tahun 2004.

"Sekarang nampaknya lebih banyak faktor internal individual, bukan organisasional yang mencoba untuk mengambil ruang dinamika politik," katanya.

Al Araf menilai Gatot perlu belajar dari juniornya Agus Harimurti Yudhoyono yang keluar dari TNI ketika hendak berpolitik. Agus juga, kata dia tidak pernah berpolitik selama menjadi prajurit TNI.

"Pada kasus Agus lebih baik karena dia keluar dari TNI ketika maju Pilkada DKI Jakarta. Ini bisa menjadi contoh," imbuh dia.

Menurut Al Araf, tidak menjadi masalah kalau Gatot mau berpolitik, asalkan jabatannya sebagai Panglima TNI dilepas dan keluar dari TNI. Apalagi jabatan Panglima TNI, bukan persoalan individual karena dia membawahi organisasi yang namanya TNI. Dan secara resmi TNI sudah tidak berpolitik.

"Kalua ingin berpolitik sebaiknya dia (Gatot) lompat ke dalam panggung politik, dan masuk dalam partai politik, atau menjadi kandidat parpol dan melepaskan jabatannya sebagai Panglima TNI," pungkas dia.

Lebih lanjut, Al Araf menilai sulit menghindari dugaan bahwa Panglima TNI sedang menempuh langkah politis dengan melihat apa yang terjadi belakangan ini. Dia mencontohkan pernyataan Gatot tentang pengadaan 5.000 pucuk senjata dan pemutaran ulang film G-30-S/PKI.

"Belum lagi soal kedatangan Panglima TNI ke munas partai tertentu, membaca puisi, lalu mengkritik lembaga negara lain. Dia juga membuat pernyataan yang menimbulkan polemik, dengan menggunakan informasi intelijen," ungkap dia.

(Sumber: beritasatu.com)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Pengamat: Panglima Gatot Perlu Belajar dari Agus Harimurti
Pengamat: Panglima Gatot Perlu Belajar dari Agus Harimurti
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono.
https://3.bp.blogspot.com/-Gj_ZbE3xjtk/WdncabkI0fI/AAAAAAAAwrY/5buy4pTjoygXAk-yT8_LCdcXrbSyZJKgACLcBGAs/s640/AHY.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Gj_ZbE3xjtk/WdncabkI0fI/AAAAAAAAwrY/5buy4pTjoygXAk-yT8_LCdcXrbSyZJKgACLcBGAs/s72-c/AHY.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/pengamat-panglima-gatot-perlu-belajar.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/pengamat-panglima-gatot-perlu-belajar.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy