Penggalan Video Pidato Tjahjo Viral, Ini Penjelasan Kemendagri

Mendagri Tjahjo Kumolo.

Penggalan Video Pidato Tjahjo Viral, Ini Penjelasan Kemendagri
BENTENGSUMBAR. COM - Penggalan pidato Mendagri Tjahjo Kumolo saat pengesahan Perppu Ormas pada rapat paripurna DPR, Selasa, 24 Oktober 2017 kemarin, beredar menjadi viral di media sosial.

Penggalan video tersebut memuat ucapan Tjahjo seolah menyatakan paham atheisme, komunisme, marxisme dan leninisme dikecualikan dari Perppu Ormas, yang telah disetujui menjadi UU Ormas tersebut.

"Penggalan video tersebut menimbulkan salah persepsi. Tidak benar maksud Pak Mendagri seperti itu," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Arief M Eddie, di Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2017.

Menurut Arief, dalam pidatonya, Tjahjo justru menyatakan bahwa saat ini ada kelompok yang mengembangkan paham baru di luar paham atheisme, komunisme, leninisme dan marxisme.

Bahkan perkembangannya di Indonesia sangat cepat. Paham baru yang dimaksud secara terang-terangan anti Pancasila dan ingin mengganti NKRI.

Hal ini tentu sangat berbahaya karena pelarangannya belum diatur dalam Undang-Undang Ormas yang lama. Berbeda dengan paham atheisme, komunisme, leninisme dan marxisme, sudah diatur terlebih dahulu.

Karena itulah pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 2/2017 yang kemudian disetujui oleh DPR ditingkatkan statusnya menjadi UU Ormas yang baru.

"Jadi dalam pidato Mendagri justru ingin memberikan penekanan atas paham atau ideologi selain ateisme, komunisme dan leninisme yang juga sama membahayakannya terhadap kesatuan negara Indonesia," ucapnya.

Arief menduga pengunggah video pidato Mendagri salah menafsirkan. Selain itu bisa juga memang sengaja salah menafsirkan, agar publik sesat memahami subtansi dari pidato Mendagri.

"Jangan sampai masyarakat disesatkan oleh informasi yang memang ingin menyesatkan semata ingin buat gaduh. Ini kan nyata nyata ada ormas yang akan mengganti dasar negara," tandas Arief.

(by/jpnn)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Penggalan Video Pidato Tjahjo Viral, Ini Penjelasan Kemendagri
Penggalan Video Pidato Tjahjo Viral, Ini Penjelasan Kemendagri
Mendagri Tjahjo Kumolo.
https://2.bp.blogspot.com/-BDhp8AnZtow/WfIg9WC76-I/AAAAAAAAyJo/gK61sN8_WZMCFXrI66w8bY9dsP3GJPtNQCLcBGAs/s640/Tjahjo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-BDhp8AnZtow/WfIg9WC76-I/AAAAAAAAyJo/gK61sN8_WZMCFXrI66w8bY9dsP3GJPtNQCLcBGAs/s72-c/Tjahjo.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/penggalan-video-pidato-tjahjo-viral-ini.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/penggalan-video-pidato-tjahjo-viral-ini.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy