Selain di Palupuah, Raflesia Juga Berkembang di Palembayan

Petugas ketika meninjau Raflesia.

Selain di Palupuah, Raflesia Juga Berkembang di Palembayan
BENTENGSUMBAR. COM - Belakangan ini, bunga langka banyak terdapat di Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, bahkan sudah menjadi kawasan objek wisata bagi warga sekitar. Namun, kali ini bunga langka jenis Raflesia tersebut, juga terdapat di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan.

"Tidak sedikit, 21 bunga reflesia ditemukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat di hutan konservasi, tepatnya di Nagari Baringin," ujar Kasi Wilayah I BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan, Rabu, 25 Oktober 2017.

Dikatakannya, bunga tersebut awalnya ditemukan warga setempat yang hendak pergi memeriksa sumber air bersih di kawasan tersebut. Namun, dari jauh warga melihat sebuah gumpalan merah, sehingga warga merasa takut untuk mendekati gumpalan tersebut, yang merupakan kawasan konflik harimau yang terjadi beberapa bulan lalu.

"Karena penasaran, akhirnya warga menyelidiki, ternyata gumpalan yang mereka lihat itu adalah bunga langka jenis raflesia, bahkan warga mendapatkan beberapa buah raflesia di kawasan itu, dan mereka melaporkannya pada petugas BKSDA," ujarnya.

Ia menjelaskan, bunga yang ditemukan itu berjumlah 21 buah. Namun, empat diantaranya sudah mekar sempurna dengan diameter 65 cm, dan 17 lainnya masih dalam keadaan kucup dengan diameter lima cm, dan media tumbuh berada pada ketinggian 1.074 meter di atas permukaan laut.

"Dengan demikian, jenisnya kami belum bisa memastikan. Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan ahli Raflesia dari Universitas Bengkulu," ujarnya pula, dilansir dari agamkab.go.id.

Agar habitat tidak terganggu, BKSDA Sumbar sudah memasang plang larangan serta memberikan garis batas, dan memberi himbauan agar pendatang tidak merusak, dan merubah bentuk lokasi dari aslinya.

"Dugaan kami, masih ada bunga yang belum menunjukan diri dari balik akar, dan daun kering di lokasi. Agar tidak merusak habitatnya, kami memasang plang dan garis di lokasi," kata Khairi.

Lebih jauh ia menghimbau masyarakat agar tidak memotong akar, dan dahan kayu, karena takut merusak bagian dari tumbuhan, dan bagi warga yang akan ke lokasi harus memiliki surat izin memasuki kawasan observasi (Simaksi), serta dipandu petugas di lapangan. 

(hms)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Selain di Palupuah, Raflesia Juga Berkembang di Palembayan
Selain di Palupuah, Raflesia Juga Berkembang di Palembayan
Petugas ketika meninjau Raflesia.
https://1.bp.blogspot.com/-2omQ7J1zGRw/WfGvvoWfMWI/AAAAAAAAyG8/J2TvF66bhdkRIHdXCVPxWPUZldJNeQHHACLcBGAs/s640/Buah%2BLangka.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2omQ7J1zGRw/WfGvvoWfMWI/AAAAAAAAyG8/J2TvF66bhdkRIHdXCVPxWPUZldJNeQHHACLcBGAs/s72-c/Buah%2BLangka.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/selain-di-palupuah-raflesia-juga.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/selain-di-palupuah-raflesia-juga.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy